EFEKTIVITAS MODEL TEAM BASED LEARNING (TBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM TATA SURYA KELAS VII DI MTsN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Al-Faruq, Tamim Murtaja (2025) EFEKTIVITAS MODEL TEAM BASED LEARNING (TBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM TATA SURYA KELAS VII DI MTsN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Tamim Murtaja Al-Faruq..pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Tamim Murtaja Al-Faruq..pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Tamim Murtaja Al-Faruq..pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model Team Based Learning (TBL) pada pokok bahasan sistem tata surya, 2) mengetahui efektivitas model Team Based Learning (TBL) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem tata surya kelas VII di MTsN Semarang tahun pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan true experimental design dan menggunakan pretest-posttest control group design. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTsN Semarang. Populasi terdiri dari seluruh kelas VII dengan jumlah kelas sebanyak 11 kelas dan diambil sampel menggunakan teknik cluster random sampling, dimana kelas VII B sebanyak 28 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII D sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen utama penelitian ini berupa soal tes, lembar observasi, dan angket. Sedangkan instrumen pendukungnya yaitu modul ajar, kisi-kisi soal, LKPD, dan jurnal harian mengajar. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Proses pembelajaran berlangsung dengan pembelajaran secara berkelompok dengan bantuan media pop up book untuk membantu siswa lebih memahami apa yang sedang dipelajari. Hasil penelitian ini memperoleh rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen lebih besar daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol yaitu pada kelas eksperimen sebesar 85,31 dan pada kelas kontrol sebesar 56,96. Oleh karena uji prasyarat data yang diperoleh tidak normal, maka dilakukan uji hipotesis non parametric yaitu uji mann whitney yang menunjukkan nilai Asymp Sig 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga, model Team Based Learning (TBL) efektif terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem tata surya kelas VII di MTsN Semarang tahun pelajaran 2024/2025. Implikasi hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran bagi guru untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang aktif dengan menginterpretasikan kerjasama kelompok dalam menginvestigasi suatu masalah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2025 01:53
Last Modified: 25 Jun 2025 01:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24328

Actions (login required)

View Item View Item