Ni'mah, Hasna' Shafiyatun (2025) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM KHAS ISLAM TERPADU DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA SMPIT NURUL ISLAM TENGARAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
HASNA' SHAFIYATUN NI'MAH___23010210040.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
HASNA' SHAFIYATUN NI'MAH___23010210040.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
HASNA' SHAFIYATUN NI'MAH___23010210040.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
HASNA' SHAFIYATUN NI'MAH___23010210040.pdf Download (2MB) |
Abstract
Ni’mah, Hasna’ Shafiyatun. 2025. Pengaruh Penerapan Kurikulum Khas Islam Terpadu Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Karakter Religius Siswa SMPIT Nurul Islam Tengaran Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Guru Mata Pelajaran, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Muh. Hafidz, M. Ag. Kata Kunci: Penerapan Kurikulum Khas Islam Terpadu; Lingkungan Sekolah; Karakter Religius. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan kurikulum khas Islam Terpadu terhadap karakter religius siswa SMPIT Nurul Islam Tengaran tahun ajaran 2024/2025, pengaruh lingkungan sekolah terhadap karakter religius siswa SMPIT Nurul Islam Tengaran tahun ajaran 2024/2025, dan pengaruh penerapan kurikulum khas Islam Terpadu dan lingkungan sekolah secara simultan terhadap karakter religius siswa SMPIT Nurul Islam Tengaran tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPIT Nurul Islam Tengaran tahun ajaran 2024/2025. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 84 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas) dan uji hipotesis (regresi sederhana dan regresi berganda) dengan bantuan SPSS statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Adanya pengaruh positif dan signifikan penerapan kurikulum khas Islam Terpadu terhadap karakter religius siswa SMPIT Nurul Islam Tengaran tahun ajaran 2024/2025. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 7,882 > 1,667 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 maka hipotesis pertama diterima. (2) Adanya pengaruh positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap karakter religius siswa SMPIT Nurul Islam Tengaran tahun ajaran 2024/2025. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 14,057 > 1,667 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 maka hipotesis kedua diterima, (3) Adanya pengaruh positif dan signifikan penerapan kurikulum khas Islam Terpadu dan lingkungan sekolah secara simultan terhadap karakter religius siswa SMPIT Nurul Islam Tengaran tahun ajaran 2024/2025. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 106,787 > 3,109 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 maka hipotesis ketiga diterima.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 12:36 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 12:36 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24333 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |