PENGARUH PENERIMAAN DIRI DAN RASA SYUKUR TERHADAP AKTUALISASI DIRI PADA SISWA KELAS X JURUSAN KECANTIKAN DI SMKN 1 SALATIGA

RIYANTI, (2025) PENGARUH PENERIMAAN DIRI DAN RASA SYUKUR TERHADAP AKTUALISASI DIRI PADA SISWA KELAS X JURUSAN KECANTIKAN DI SMKN 1 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_RIYANTI_23080210098.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI_RIYANTI_23080210098.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI_RIYANTI_23080210098.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI_RIYANTI_23080210098.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI_RIYANTI_23080210098.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI_RIYANTI_23080210098.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI_RIYANTI_23080210098.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI_RIYANTI_23080210098.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI_RIYANTI_23080210098.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI_RIYANTI_23080210098.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI_RIYANTI_23080210098.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI_RIYANTI_23080210098.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengkaji pengaruh penerimaan diri terhadap aktualisasi diri pada siswa kelas X jurusan kecantikan di SMKN 1 Salatiga; 2) mengkaji pengaruh rasa syukur terhadap aktualisasi diri siswa kelas X jurusan kecantikan di SMKN 1 Salatiga; dan 3) menggali data seberapa besar pengaruh penerimaan diri terhadap aktualisasi diri pada siswa kelas X jurusan kecantikan di SMKN 1 Salatiga. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X jurusan kecantikan di SMKN 1 Salatiga berjumlah 62 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunkan non random sampling dengan sampel jenuh yang artinya semua populasi menjadi sampel pada penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan instrumen penerimaan diri, rasa syukur, dan aktualisasi diri yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian yang diperoleh melalui uji regresi linier berganda mendapatkan persamaan Y= 17,328 + 0,533 X1 + 0, 105 X2, hasil dari regresi tersebut menunjukkan adanya nilai yang positif, yang artinya penerimaan diri dan rasa syukur berpengaruh positif terhadap aktualisasi diri siswa. Berdasarkan hasil melalui uji t persial penerimaan diri memiliki nilai p-value (Sig) sebesar 0,000 dan thitung sebesar 6,219 yang artinya penerimaan diri berpengaruh terhadap aktualisasi diri siswa. Dan hasil uji t rasa syukur terdapat pengaruh terhadap aktualisasi diri siswa dengan nilai p-value (Sig) sebesar 0,002 dan nilai thitung 3,158. Hasil dari uji f secara simultan memperoleh hasil sig sebesar 0,000 yang dimana nilai tersebut lebih besar dari 0,005, sehingga secara bersama-sama penerimaan diri dan rasa syukur berpengaruh terhadap aktualisasi diri siswa. Adapun nilai R-Square (koefisien determinasi) sebesar 0,415 yang artinya secara simultan variable penerimaan diri dan rasa syukur mempengaruhi aktualisasi diri siswa sebesar 41,5 %, dan 58,5 % aktualisasi diri dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak teramati, seperti kemampuan kreativitas, moralitas, spontanitas, dan problem solving. Kata Kunci: Penerimaan Diri; Rasa Syukur; Aktualisasi Diri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2025 13:56
Last Modified: 25 Jun 2025 13:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24335

Actions (login required)

View Item View Item