UPAYA GURU DALAM PENANAMAN KESADARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS lV MI MIFTAHUL ULUM KADIREJO 02 TAHUN AJARAN 2024/2025

Salsabila, Alfrida (2025) UPAYA GURU DALAM PENANAMAN KESADARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS lV MI MIFTAHUL ULUM KADIREJO 02 TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Alfrida Salsabila 23040210058.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alfrida Salsabila 23040210058.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alfrida Salsabila 23040210058.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alfrida Salsabila 23040210058.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alfrida Salsabila 23040210058.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alfrida Salsabila 23040210058.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alfrida Salsabila 23040210058.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alfrida Salsabila 23040210058.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alfrida Salsabila 23040210058.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alfrida Salsabila 23040210058.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alfrida Salsabila 23040210058.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alfrida Salsabila 23040210058.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alfrida Salsabila 23040210058.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alfrida Salsabila 23040210058.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alfrida Salsabila 23040210058.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alfrida Salsabila 23040210058.pdf

Download (3MB)

Abstract

Alfrida Salsabila. 2025. Upaya Guru dalam Penanaman Kesadaran Lingkungan Siswa Kelas IV MI Miftahul Ulum Kadirejo 02 Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Guru Kelas, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Khulatul Lutfiah, M.Pd.I. Kata Kunci: upaya guru, kesadaran lingkungan, siswa kelas IV ​Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam penanaman kesadaran lingkungan, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam proses tersebut pada siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Kadirejo 02 Tahun Ajaran 2024/2025. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data kepala madrasah, guru kelas IV, dan siswa. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber. ​Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru kelas IV MI Miftahul Ulum Kadirejo 02 dalam penanaman kesadaran lingkungan siswa adalah dengan menerapkan strategi preventif, pengembangan, dan kuratif. Secara preventif, guru membiasakan siswa menjaga lingkungan melalui pembelajaran bertahap yang sesuai dengan tingkat pemahaman mereka. Secara pengembangan, guru menangani perilaku kurang peduli lingkungan dengan pendekatan edukatif dan melibatkan siswa secara aktif dalam perbaikan lingkungan. Sementara itu, aspek kuratif ditunjukkan melalui integrasi nilai-nilai peduli lingkungan ke dalam pembelajaran dan kolaborasi antara seluruh warga sekolah dan orang tua dalam kegiatan lingkungan yang membentuk kepedulian kolektif. ​Adapun pendukung keberhasilan upaya tersebut adalah SDM yang mendukung dimana guru sudah mengikuti pelatihan dan pendidikan lingkungan, ketersediaan fasilitas pendukung seperti taman sekolah dan tempat sampah terpilah, serta dukungan kebijakan pemerintah melalui program Madrasah Ramah Anak. Keterlibatan masyarakat dan komitmen tinggi dari guru juga menjadi faktor penentu. Sedangkan faktor penghambat nya adalah belum semua guru mendapatkan pelatihan pendidikan lingkungan, kurangnya tempat sampah besar, alat praktik kebersihan kurang lengkap, keterbatasan waktu dalam kurikulum, siswa dan orang tua tidak berpartisipasi aktif, serta minimnya motivasi dan kesadaran siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2025 16:11
Last Modified: 25 Jun 2025 16:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24340

Actions (login required)

View Item View Item