DAMPAK GAME ONLINE PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI LEDOK 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Zaidatul, Siti (2025) DAMPAK GAME ONLINE PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI LEDOK 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI SITI ZAIDATUL.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI SITI ZAIDATUL.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI SITI ZAIDATUL.pdf

Download (4MB)

Abstract

Zaidatul, Siti 2024. Dampak Game Online pada Siswa Kelas V di SD Negeri Ledok 02 Salatiga Tahun Ajaran Tahun 2024/2025. Skripsi Program Studi Pendidikn Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Guru Kelas Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Muhammad Arif Al Fikri, M.Pd. Kata kunci: Analisis dampak, game online Game online adalah game yang berbasis elektronik dan visual,. Game ini sering dimainkan oleh anak-anak hingga dewasa. Bermain game online berlebihan dapat menyebabkan adanya kecanduan di kalangan siswa sehingga waktu menjadi sia-sia serta kegiatan positif lainnya berkurang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak game online pada siswa kelas V di SD Negeri Ledok 02 Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data mencakup wawancara, observasi, dan dokumentasi kepada kepala sekolah, Guru kelas V, VI dan siswa kelas V dan VI. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik agar mendapatkan data yang valid. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa game online memiliki potensi yang cukup berdampak pada siswa kelas V di SD Negeri Ledok 02 Salatiga. Dampak yang ada di SD Negeri Ledok 02 adalah dampak negative dan dampak positif. Di SD Negeri Ledok 02 ditemukan dampak negative dan dampak positif. Dampak negative yang ditemukan di SD Negeri Ledok 02 yaitu ditemukan siswa yang prestasi akademiknya menurun yang dibuktikan dengan hasil nilai akademik siswa kelas V pada semester 1 dan semester 2, ditemukan juga siswa yang mengalami malas belajar, yang dibuktikan dengan adanya siswa yang malas mengikuti pembelajaran, malas mengerjakan tugas, dan tidak segera menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, terdapat beberapa siswa yang kurang konsentrasi saat mengikuti pembelajaran di kelas yang dibuktikan dengan siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru, tidak konsentrasi dalam belajar karena terganggu oleh keinginannya untuk memainkan game online, selain itu ditemukan beberapa siswa yang kurang berpartisipasi dalam dalam diskusi kelompok belajar, malas mengikuti kegiatan sekolah seperti tidak mengikuti ekstrakulikuler,kurang berinteraksi dengan temantemannya dan dan dalam tugas kelompok hanya mengandalkan pekerjaan temannya. Sedangkan untuk dampak positif dari game online yaitu dapat memberikan kesenangan dan hiburan bagi siswa, menghilangkan rasa malas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2025 17:19
Last Modified: 25 Jun 2025 17:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24344

Actions (login required)

View Item View Item