Satriani, Sekar Rubina (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW DENGAN MEDIA MYSTERY BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI EKOLOGI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 4 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Skripsi Sekar Rubina Satriani_.pdf Download (7MB) |
Abstract
Satriani, Sekar Rubina. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Quick on the Draw dengan Media Mystery Box terhadap Hasil Belajar IPA Materi Ekologi pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 4 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas; Model Quick on the draw; Mystery Box; Hasil Belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran direct instruction dengan powerpoint pada materi ekologi; (2) mengetahui hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran quick on the draw dengan media mystery box pada materi ekologi; (3) Mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran quick on the draw dengan media mystery box pada materi ekologi pada peserta didik kelas VII SMPN 4 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan metode true experiment dengan desain pretest-posttest control group design, yang artinya peneliti membandingkan hasil sebelum dan sesudah perlakuan pada dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di SMPN 4 Salatiga, yang terdiri dari 8 kelas. Sehingga, dari jumlah tersebut, peneliti mengambil dua kelas sebagai sampel, masing-masing berjumlah 32 peserta didik. Kelas VII B dipilih sebagai kelompok eksperimen, sedangkan kelas VII C sebagai kelompok kontrol. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan dua jenis instrumen yaitu tes dan non tes. Instrumen tes berupa soal pilihan ganda yang telah melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Sedangkan, data non tes dikumpulkan melalui kuesioner atau angket untuk mengetahui tanggapan peserta didik. Analisis data dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran direct instruction dengan powerpoint materi ekologi memperoleh rata-rata pretest 47,50 dan posttest 69,19; (2) hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran quick on the draw dengan media mystery box memperoleh nilai rata-rata pretest 47,09 dan posttest 78,09; (3) hasil uji statistik menggunakan independent sample t-test memperoleh nilai thitung (2,700) > ttabel (1,999) dan nilai signifikansi (2-tailed) 0,009 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Didukung adanya hasil angket respon peserta didik yang menunjukkan terdapat 15 peserta didik yang memberikan respon baik sekali dan 17 peserta didik memberikan respon baik. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu model pembelajaran quick on the draw dengan media mystery box efektif terhadap hasil belajar IPA materi ekologi pada peserta didik kelas VII SMPN 4 Salatiga tahun 2024/2025. Implikasi pada penelitian ini yaitu dapat berdampak baik pada hasil belajar IPA peserta didik, dapat menumbuhkan giat dan fokus belajar serta kemampuan berdiskusi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 20:19 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 20:19 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24364 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |