Dewi, Ayunda Silvi Fajar Puspita (2025) STRATEGI PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN SISWA PROGRAM BOARDING SCHOOL DAN KELAS UNGGULAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MTsN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Skripsi Ayunda Silvi Fajar Puspita Dewi 23020210110.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pembinaan karakter disiplin berhubungan dengan mengingkatnya kualitas pendidikan. pembinaan karakter disiplin harus dikembangkan oleh sekolah sehingga akan meningkatkan kualitas pendidikan. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, strategi serta faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan karakter disiplin siswa dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:1) bentuk pembinaan karakter disiplin siswa program boarding school dan kelas unggulan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTsN Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025. 2) strategi pembinaan karakter disiplin siswa program boarding school dan kelas unggulan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTsN Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025. 3) faktor pendukung dan penghambat dari pembinaan karakter disiplin siswa program boarding school dan kelas unggulan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTsN Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang meliputi hasil wawancara dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru bk, wali kelas guru, asatidz boarding school dan siswa, serta data sekunder dapat berupa dokumen serta foto kegiatan pembinaan karakter disipin dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik untuk memperoleh data yang valid. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) bentuk pembinaan karakter disiplin siswa program boarding school dan kelas unggulan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTsN Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025 meliputi pembiasaan; penugasan serta reward and punishment; 2) strategi pembinaan karakter disiplin siswa program boarding school dan kelas unggulan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTsN Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025 berupa menyusun kurikulum yang relevan serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi; 3) faktor pendukung dan penghambat dari pembinaan karakter disiplin siswa program boarding school dan kelas unggulan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTsN Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025 meliputi faktor pendukung yang berasal dari dalam diri siswa, lingkungan, guru, asatidz serta orangtua siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu pribadi siswa, orangtua, handphone dan social media serta lingkungan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 11:58 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 11:58 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24384 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |