EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI DESMOS TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN GRAFIK FUNGSI LINEAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 GETASAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Syarokah, Siti (2025) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI DESMOS TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN GRAFIK FUNGSI LINEAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 GETASAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
23070210023_SITI SYAROKAH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
23070210023_SITI SYAROKAH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
23070210023_SITI SYAROKAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Syarokah, Siti. 2025. Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Desmos Terhadap Peningkatan Pemahaman Grafik Fungsi Linear Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Getasan Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas; Problem Based Learning; Desmos; Grafik Fungsi Linear; Peningkatan Pemahaman Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Desmos terhadap peningkatan pemahaman materi grafik fungsi linear siwa kelas VIII di SMP Negeri 1 Getasan. Permasalahan dalam memahami grafik fungsi linear mendorong perlunya media pembelajaran yang dapat memfasilitasi pemahaman siswa secara visual dan interaktif. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran berbasis teknologi yang sesuai dengan kebutuhan siswa saat ini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas sampelnya 36 siswa. Instrumen yang digunakan berupa pretest dan posttest untuk mengukur pemahaman siswa. Teknik analisis data mencakup uji normalitas, homogenitas, uji-t, dan perhitungan N-Gain. Perlakuan pada kelas eksperimen berupa pembelajaran menggunakan aplikasi Desmos, sementara kelas kontrol menggunakan aplikasi Geogebra. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai signifikansi uji-t sebesar 0,000 menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantuan Desmos memberikan dampak yang signifikan terhadap pemahaman siswa. Rata-rata N-Gain kelas eksperimen adalah 0,846 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol sebesar 0,742. Perbedaan sebesar 10,4% ini menegaskan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantuan Desmos efektif dibandingkan berbantuan Geogebra dalam meningkatkan pemahaman grafik fungsi linear.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Jun 2025 16:37
Last Modified: 26 Jun 2025 16:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24393

Actions (login required)

View Item View Item