IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI DAN BP PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 7 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

NABILA, NASYITH AISYA (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI DAN BP PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 7 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NASYITH AISYA NABILA 23010210023.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nabila, Nasyith Aisya. 2025. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI dan BP Peserta Didik di SMP Negeri 7 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Mansur, M.Ag. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Berdiferensiasi, Minat Belajar. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan minat belajar PAI dan BP peserta didik, faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan minat belajar PAI dan BP peserta didik, solusi dari faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan minat belajar PAI dan BP peserta didik di SMP Negeri 7 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari lapangan. Pada penelitian ini peneliti mendapatkan informan yang terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum dan kesiswaan, guru PAI dan BP, peserta didik. Analisis data pada penelitian ini melalui tiga komponen yaitu dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan minat belajar PAI dan BP peserta didik di SMP Negeri 7 Salatiga tahun ajaran 2024/2025 disesuaikan dengan tiga aspek, yaitu kesiapan, minat dan gaya belajar peserta didik yang dipetakan melalui asesmen diagnostik awal. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan empat komponen yaitu konten, proses, produk, dan lingkungan belajar. Pelaksanaannya dipengaruhi oleh faktor penghambat yaitu keterbatasan kreativitas guru, keterbatasan waktu dalam pembelajaran, serta sarana dan prasarana yang kurang memadahi. Solusi dari faktor penghambat yaitu dengan In House Training (IHT) bagi guru, persiapan pembelajaran yang matang dan manajemen waktu dengan baik, peningkatan dan pemanfaatan sarana dan prasarana secara maksimal sesuai dengan kebutuhan belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Jun 2025 17:52
Last Modified: 26 Jun 2025 17:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24403

Actions (login required)

View Item View Item