Hayya, Yustika Wardah (2025) PEMENUHAN HAK ANAK BINAA N DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KUTOARJO PERSPEKTIF FIQIH HADHONAH DAN HUKUM POSITIF. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
12060230001_Yustika Wardah Hayya.pdf Download (4MB) |
Abstract
Anak binaan merupakan anak yang berhadapan dengan hukum yang berhak mendapatkan perlindungan dan pembinaan dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas 1 Kutoarjo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemenuhan hak anak binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas 1 Kutoarjo prespektif fiqih hadhonah dan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang pemasyarakatan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer seperti melakukan wawancara dengan tiga pegawai dan tiga anak binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas 1 Kutoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemenuhan hak anak binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas 1 Kutoarjo secara umum telah memberikan hasil dalam pelaksanaan pembinaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas 1 Kutoarjo. Pemenuhan hak anak yang diberikan seperti pengasuhan, pendidikan, perawatan dan perlindungan. Prespektif fiqih hadhonah juga digunakan dalam pemenuhan hak anak binaan seperti mendidika, melindungi, membimbing serta memberikan perawatan. Selain itu pemenuhan hak anak binaan prespektif Undang- Undang nomor 22 tahun 2022 tentang pemasyarakatan yaitu memenuhi melalui kegiatan pembinaan seperti kegiatan pembinaan kepribadian dan kegiatan pembinaan keterampilan. Pemenuhan hak anak binaan prespektif fiqih hadhonah dan Undang-Undang nomor 22 tahun 2022 tentang pemasyarakatan terbukti terpenuhi dalam mempersiapakan reintegrasi anak-anak ke masyarakat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Fiqih (Hukum Islam) |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 18:24 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 18:24 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24407 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |