PERAN GENERASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI PENGARUH KNOWLEDGE, TRUST DAN SOCIAL MEDIA TERHADAP MINAT MEMBAYAR ZAKAT MELALUI PLATFORM DIGITAL

Sari, Rita Puspita (2025) PERAN GENERASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI PENGARUH KNOWLEDGE, TRUST DAN SOCIAL MEDIA TERHADAP MINAT MEMBAYAR ZAKAT MELALUI PLATFORM DIGITAL. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
2. TESIS_Rita Puspita Sari_12030230001.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. TESIS_Rita Puspita Sari_12030230001.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. TESIS_Rita Puspita Sari_12030230001.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. TESIS_Rita Puspita Sari_12030230001.pdf

Download (3MB)

Abstract

Knowledge, Trust, dan social media memiliki peran dalam mendorong minat seseorang dalam membayar zakat melalui platform digital. Namun, hubungan antara variabel tersebut belum sepenuhnya dipahami, terutama dalam berbagai generasi. Studi ini bertujuan untuk mengetahui peran generasi sebagai variabel moderasi dalam pengaruh Knowledge, Trust dan social Media terhadap minat membayar zakat melalui platform digital. Penelitian ini melibatkan 148 masyarakat di Salatiga yang tertarik membayar zakat melalui platform digital, yang dipilih menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara daring melalui Google Form. Metode analisis regresi linear berganda digunakan untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, sementara pengujian terhadap pure moderator dilakukan dengan membuat regresi interaksi diterapkan untuk menguji efek moderasi dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Knowledge berpengaruh positif signifikan terhadap minat membayar zakat melalui platform digital. Trust berpengaruh positif signifikan terhadap minat membayar zakat melalui platform digital. Sedangkan social media berpengaruh positif tidak signifikan terhadap minat membayar zakat melalui platform digital. Peran generasi dalam memoderasi pengaruh Knowledge terhadap minat membayar zakat melalui platform digital menunjukkan pengaruh yang positif signifikan. Generasi dalam memoderasi pengaruh Trust terhadap minat membayar zakat melalui platform digital juga berpengaruh positif signifikan. Begitu pula dengan peran generasi dalam memoderasi pengaruh social media terhadap minat membayar zakat melalui platform digital. Temuan dalam penelitian ini menyoroti pentingnya Knowledge, Trust dan Social Media dalam mempengaruhi minat muzaki membayar zakat. Selain itu lembaga disarankan untuk bisa fokus ke berbagai generasi untuk meningkatkan minat pembayar zakat melalui platform digital. Kata Kunci : knowledge, trust, social media, generasi, zakat, digital

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Jun 2025 20:17
Last Modified: 26 Jun 2025 20:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24418

Actions (login required)

View Item View Item