EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING (GBL) BERBANTU MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN KELAS III MIS PERWANIDA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Febriyanti, Syifa (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING (GBL) BERBANTU MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN KELAS III MIS PERWANIDA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Syifa Febriyanti_PGMI_23040210009.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI Syifa Febriyanti_PGMI_23040210009.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI Syifa Febriyanti_PGMI_23040210009.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI Syifa Febriyanti_PGMI_23040210009.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI Syifa Febriyanti_PGMI_23040210009.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI Syifa Febriyanti_PGMI_23040210009.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI Syifa Febriyanti_PGMI_23040210009.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI Syifa Febriyanti_PGMI_23040210009.pdf

Download (8MB)

Abstract

Febriyanti, Syifa. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Game Based Learning (GBL) Berbantu Media Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Hitung Campuran Kelas III MIS Perwanida Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025: skripsi, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: MS Viktor Purhanudin, M.Pd. Kata Kunci: model game based learning, media wordwall, dan hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan menguji efektivitas model pembelajaran game based learning (GBL) berbantu media wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi hitung campuran kelas III MIS Perwanida Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan true experimental design yang di mana sampel penelitiannya menggunakan pretest-posttest control group design. Penelitian ini melibatkan 31 siswa, dengan 15 siswa sebagai kelompok kontrol dan 16 siswa sebagai kelompok eksperimen. Instrumen penelitian ini meliputi soal pretest dan posttest, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran game based learning (GBL) berbantu media wordwall efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi hitung campuran kelas III MIS Perwanida Salatiga. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang dilakukan menggunakan IBM SPSS Statistics 25, di mana uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikasi 0,05 dengan hasil Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 (Pvalue 0,000 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini diperkuat oleh perhitungan N-Gain efektivitas model pembelajaran Game Based Learning (GBL) berbantu media wordwall yang menunjukkan nilai sebesar 0,8545 atau 85% yang termasuk dalam kategori efektif. Rata-rata nilai posttest untuk kelompok eksperimen adalah 91,25, sedangkan rata-rata nilai posttest kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional adalah 72,67.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Jun 2025 21:41
Last Modified: 26 Jun 2025 21:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24434

Actions (login required)

View Item View Item