Lestari, (2025) PENCEGAHAN KEKERASAN BERBASIS GENDER ONLINE (KBGO) MELALUI SOCIAL MEDIA CAMPAIGN PADA AKUN @awas.kbgo dan @prasastidewiii. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Skripsi_LESTARI.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Skripsi_LESTARI.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Skripsi_LESTARI.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Skripsi_LESTARI.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Skripsi_LESTARI.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
LESTARI_Skripsi_30.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
LESTARI_Skripsi_30.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
LESTARI_Skripsi_30.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
LESTARI_Skripsi_30.pdf Download (3MB) |
Abstract
Lestari, 2025. Pencegahan Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) Melalui Social Media Campaign Pada Akun @awas.kbgo dan @prasastidewiii. Tahun 2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Unversitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Rr. Wuri Arenggoasih, M.I.Kom. Kata Kunci: Social Media Campaign, Pencegahan, KBGO Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk kampanye pencegahan kekerasan berbasis gender online (KBGO) di media sosial. Serta bagaimana keberhasilan dalam kampanye pencegahan kekerasan berbasis gender online (KBGO) tersebut dan bagaimana pelayanan aduan yang diberikan kepada korban kekerasan berbasis gender online (KBGO). Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan studi kasus dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara tim akun @awas.kbgo dan pemilik akun @prasastidewiii, dan sumber sekunder berupa foto kegiatan, buku data tahunan kbgo dari SAFEnet, dan postingan di akun media sosial Instagram @awas.kbgo dan akun TikTok @prasastidewiii. Pengumumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kampanye pencegahan kekerasan berbasisg gender online (KBGO) oleh akun @awas.kbgo dan @prasastidewiii menunjukkan strategi yang berbeda namun saling melengkapi. Berdasarkan delapan aspek teori kampanye media sosial Carolyn Mae Kim, keduanya konsisten dalam menyampaikan pesan, memahami audiens, serta memanfaatkan media sosial secara strategis. @awas.kbgo fokus pada edukasi terstruktur berbasis data, sementara @prasastidewiii mengangkat narasi personal yang emosional. Meskipun terbatas dari segi dana, keduanya berhasil membangun kampanye yang efektif, adaptif, dan berdampak dalam menciptakan ruang digital yang aman dan suportif bagi korban kekerasan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 23:34 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 23:34 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24439 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |