Wardani, Ivana Ariestia (2025) PENERAPAN METODE PEMBIASAAN BARIS MOTORIK PAGI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA DINI DI RA GLORY ISLAMIC KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI IVANA ARIESTIA WARDANI_23050210009.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI IVANA ARIESTIA WARDANI_23050210009.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI IVANA ARIESTIA WARDANI_23050210009.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI IVANA ARIESTIA WARDANI_23050210009.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI IVANA ARIESTIA WARDANI_23050210009.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI IVANA ARIESTIA WARDANI_23050210009.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI IVANA ARIESTIA WARDANI_23050210009.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan kemampuan motorik kasar melalui penerapan metode pembiasaan baris motorik pagi pada anak usia dini di RA Glory Islamic Kota Salatiga, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan pembiasaan baris motorik pagi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik yang digunakan peneliti untuk mendapatkan data yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Subjek dari penelitian ini yaitu guru serta anak kelompok A dan kelompok B RA Glory Islamic Kota Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan metode pembiasaan baris motorik pagi di RA Glory Islamic Kota Salatiga menggunakan gerakan kepala tengok kanan-kiri atas-bawah, gerakan sikap kapal terbang, gerakan melompat ditempat, melompat ke kanan-kiri, lari maju-mundur-berhenti, gerakan memegang kepala-pundak-lutut-kaki, gerakan memutar pundak ke depan-belakang, gerakan memutar tangan ke depan-belakang dan gerakan pendinginan dapat mengembangkan unsur kemampuan motorik kasar pada anak usia dini. Faktor pendukung dalam pembiasaan ini meliputi postur tubuh ideal, halaman sekolah, kondisi anak sehat, interaksi sosial, kemampuan konsentrasi tinggi, serta motivasi dan dukungan orang tua. Sedangkan faktor penghambat meliputi kelainan fisik, kondisi anak tidak sehat, kurangnya prasarana, tidak ada interaksi sosial, konsentrasi anak rendah, kurangnya motivasi dan dukungan orang tua.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 27 Jun 2025 20:12 |
Last Modified: | 27 Jun 2025 20:12 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24452 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |