EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LINGKARAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 2 BAWEN

DEWI, LUTFIANA (2025) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LINGKARAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 2 BAWEN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
23070210014_Lutfiana Dewi_SKRIPSI.pdf

Download (9MB)
[img] Text
23070210014_Lutfiana Dewi_SKRIPSI.pdf

Download (9MB)
[img] Text
23070210014_Lutfiana Dewi_SKRIPSI.pdf

Download (9MB)

Abstract

Dewi, Lutfiana. 2025. Efektivitas Model Project Based Learning Berbantuan LKPD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Lingkaran Peserta Didik Kelas VIII SMP N 2 Bawen. Skripsi. Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muhamad Gani Rohman, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas; Model Project Based Learning (PJBL); Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); Hasil Belajar; Lingkaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Model Project Based Learning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap hasil belajar Matematika materi Lingkaran bagi peserta didik kelas VIII SMP N 2 Bawen. Metode penelitian menerapkan pendekatan kuantitatif eksperimen semu dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 2 Bawen. Sampel penelitian dipilih dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang akan menerima perlakuan dengan Project Based Learning berbantuan LKPD dan VIII A sebagai kelas kontrol akan menerima perlakuan dengan Student Teams Achievement Divisions. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes untuk mengukur hasil belajar dan lembar dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji paired sample t-test, uji independent sample t-test, dan perhitungan skor N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikatakan bahwa penerapan model Project Based Learning berbantuan LKPD efektif, dibuktikan dengan uji hipotesis I menggunakan paired sample t-test untuk kelas eksperimen, diperoleh hasil nilai t_hitung= 20,02 > nilai t_tabel=1,69. Nilai pada kelas eksperimen mengalami peningkatan, dibuktikan dengan hasil N-Gain sebesar 0,705 yang menunjukkan peningkatannya tinggi. Dilanjutkan dengan uji hipotesis II, yaitu uji independent sample t-test untuk menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Diperoleh nilai t_hitung= 2,49 > nilai t_tabel=1,67, jadi terbukti hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) efektif terhadap hasil belajar Matematika materi Lingkaran, khususnya pada peserta didik kelas VIII SMP N 2 Bawen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Jun 2025 22:46
Last Modified: 27 Jun 2025 22:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24454

Actions (login required)

View Item View Item