Implementasi Toilet Training Untuk Menstimulasi Kemandirian Anak Pada KB Syaamila Kids Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025

Fadhilah, Naura Syifa (2025) Implementasi Toilet Training Untuk Menstimulasi Kemandirian Anak Pada KB Syaamila Kids Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NAURA SYIFA FADHILAH (23050210015) FTIK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI NAURA SYIFA FADHILAH (23050210015) FTIK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI NAURA SYIFA FADHILAH (23050210015) FTIK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI NAURA SYIFA FADHILAH (23050210015) FTIK.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi toilet training untuk menstimulasi kemandirian anak di KB Syaamila Kids Salatiga, untuk mendeskripsikan bentuk kemandirian anak yang terstimulasi oleh implementasi toilet training pada KB Syaamila Kids Salatiga, serta faktor pendukung dan penghambat dari Implementasi toilet training toilet untuk menstimulasi kemandirian anak pada KB Syaamila Kids Salatiga. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian implementasi toilet training untuk menstimulasi kemandirian anak adalah melalui beberapa tahap. Toilet training dilakukan melalui 3 tahapan yaitu pengenalan, penerapan langsung, dan pembiasaan. Bentuk kemandirian dalam penerapan toilet training meliputi kemandirian dalam mengelola kebutuhan pribadi, kemandirian dalam merawat diri, dan kemandirian sosial. Faktor pendukung dari implementasi toilet training meliputi kerja sama antara guru dan orang tua, pembiasaan yang konsisten, dan kloset yang digunakan. Sedangkan faktor penghambat yaitu toilet kurang terawat, akses ke toilet yang terbuka, dan faktor internal anak yang meliputi anak masih malu mengungkapkan kebutuhannya, anak belum mampu mengikuti instruksi secara mandiri, dan perbedaan karakter dan kemampuan anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Jun 2025 22:51
Last Modified: 27 Jun 2025 22:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24455

Actions (login required)

View Item View Item