, SHERINA DESY SYAFITRI (2025) KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TRANSFORMASI PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 1 NGABLAK. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SHERINA DESY SYAFITRI.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
SHERINA DESY SYAFITRI.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan geogebra terhadap hasil belajar materi Transformasi peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Ngablak. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental Design. Dengan desain penelitian menggunakan desain pretest postest control group design. Metode pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling. Didapatkan kelas IX E sebanyak 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan IX C sebanyak 26 peserta didik sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan geogebra, dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Think pair Share. Penelitian ini menggunakan modul ajar serta soal tes untuk Instrumen penelitian. Instrumen penelitian yang akan digunakan sebelumnya diuji coba pada kelas IX B kemudian hasil uji coba diuji dengan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Daya Pembeda, dan Uji Taraf Kesukaran. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan yaitu deskripsi data penelitian, uji prasyarat data, dan uji homogenitas. Uji prasyarat data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata. Uji hipotesis yang digunakan merupakan Uji Paired T-Test, Uji N-Gain, dan Uji Independent T-Test. Dari hasi penelitian dapat dibuktikan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berbantuan geogebra efektif terhadap hasil belajar materi Transformasi peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Ngablak. Ini dapat ditunjukkan dalam Hasil uji Paired T-Test t hitung 22,945 dan t tabel 1,708 dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik pada pretest dan postest pada kelas eksperimen. Selanjutnya, Uji N-Gain Score diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,78 maka disimpulkan bahwa terdapat peningkatan sebelum dan setelah pembelajaran dengan model Project Based Learning berbantuan geogebra. Yang terakhir uji Independent T-Test dengan hasil ttabel 1,675 dan thitung 10,286 dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas eksperimen setelah penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan geogebra lebih baik daripada kelas kontrol setelah penerapan model pembelajaran think pair share.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Jun 2025 00:09 |
Last Modified: | 28 Jun 2025 00:09 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24457 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |