Kusumawati, Nera Rizki (2025) PERAN PUBLIC RELATION MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN DI WAROENG SUNSET, KESONGO. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Skripsi Nera.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Skripsi Nera.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengidentifikasiperan hubungan masyarakat (humas) dan media sosial dalam membangun dan mempertahankan citra positif waroeng sunset; 2) untuk memahami bagaimana humas dan media sosial di gunakan untuk meningkatkan jumlah pelanggan di waroeng sunset. penelitian ini menggunkana metode deskriptif kualitatif. penelitian dilakukan di waroeng sunset, kesongo, pada bulan maret 2024. sumber data primer berasal dari wawancara dengan manajemen waroeng sunset dan para pelanggannya, sedangkan sumber data sekunder berupa dokumen tertulis yang relevan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian di analisis menggunakan model Miles dan Huberman melalui tiga tahap ; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan melalui triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Humas dan media sosial memaikan peran strategis melalui pendekatan komunikasi yang terstuktur, konsisten dan proaktif. upaya humas mencakup manajemen isu, penyelarasan janji merek dengan realita, serta pelaksanaan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan event lokal. Sementara itu , media sosial berfungsi sebagai saluran utama untuk menyampaikan nilai-nilai merek, menampilkan konten kreatif seperti visual makanan, storytelling, dan interaksi aktif dengan pelanggan. Pendekatan ini tidak hanya membangun kedekatan emosional dengan pelanggan, tetapi juga memperkuat kepercayaan publik terhadap merek; dan 2) Humas dan Media sosial memanfaatkan strategi promosi digital yang terarah, kolaborasi dengan influencer, serta penyajian konten visual yang menarik dan relevan. Media sosial digunakan untuk menjangkau aundiens potensial melalui kampanye berbayar, program loyalitas, dan storytelling yang membangun koneksi emosional. Respon cepat, interaksi aktif,serta program keanggotaan dan refrensi juga berkontribusi dalam mempertahankan pelanggan lama dan menarik pelanggan baru. Strategi-strategi ini membuktikan bahwa kombinasi antara humas dan media sosial efektif dalam menciptakan kesadaran merek (brand awereness) dan mendorong kunjungan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Jun 2025 00:40 |
Last Modified: | 28 Jun 2025 00:40 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24458 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |