PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN MEDIA POSTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ALFABET PADA ANAK KELOMPOK B TK HIKMAH TAZKIA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Taqiya, Inats (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN MEDIA POSTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ALFABET PADA ANAK KELOMPOK B TK HIKMAH TAZKIA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI INATS TAQIYA 23050210026-dikompresi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI INATS TAQIYA 23050210026-dikompresi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI INATS TAQIYA 23050210026-dikompresi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Project Based Learning dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf alfabet melalui pembuatan media poster pada anak kelompok B di TK Hikmah Tazkia Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak kelompok B2 TK Hikmah Tazkia Salatiga yang berjumlah 12 anak (7 laki-laki dan 5 perempuan) dengan rentang usia 5–6 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, tes lisan, dokumentasi, dan penilaian hasil karya anak berupa poster huruf alfabet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan melibatkan anak secara aktif dalam membuat proyek berupa poster huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf alfabet anak kelompok B2 TK Hikmah Tazkia Salatiga. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi pra-siklus yang menunjukkan persentase sebesar 16,67%. Pada siklus I, diperoleh skor rata-rata kelas sebesar 13 dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan persentase ketuntasan 41,67%, dengan 5 siswa mencapai ketuntasan. Peningkatan signifikan terjadi pada siklus II, dengan skor rata-rata kelas sebesar 16 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 83,33%. Pada siklus ini, 6 siswa mencapai kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 4 siswa mencapai kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB), sehingga seluruh 10 siswa dinyatakan tuntas. Penelitian dihentikan pada siklus II karena ketuntasan klasikal telah mencapai kriteria yang ditetapkan, yaitu 75%, dan ketuntasan individual juga telah tercapai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Jun 2025 20:00
Last Modified: 28 Jun 2025 20:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24463

Actions (login required)

View Item View Item