, SHAFRINA AHDA SHIDQIYYA (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN E-LKPD DESMOS CLASSROOM ACTIVITIES PADA MATERI GRAFIK PERSAMAAN GARIS LURUS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
bismillah ya ini.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
Shafrina Ahda Shidqiyya_23070210008.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
Shafrina Ahda Shidqiyya_23070210008.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
Shafrina Ahda Shidqiyya_23070210008.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
Shafrina Ahda Shidqiyya_23070210008.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
Shafrina Ahda Shidqiyya_23070210008.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
Shafrina Ahda Shidqiyya_23070210008.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan E-LKPD Desmos Classroom Activities pada materi grafik persamaan garis lurus efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental Design dalam bentuk Pretest-posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Salatiga. Sampel penelitian dipilih secara acak, yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan E-LKPD Desmos Classroom Activities dan VIII A sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan E-LKPD Geogebra Classroom. Instrumen yang digunakan berupa soal tes, dan lembar observasi untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov yang menunjukkan nilai signifikasi > 0,05, yang berarti data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan Levene’s Test pada bagian based on mean menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0,063 (> 0,05), yang berarti data dari kedua kelompok memiliki varians yang homogen. Perbedaan hasil belajar juga terlihat dari rata-rata nilai posttest, di mana kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata 78,06, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang memperoleh skor 68,22. Selanjutnya, uji hipotesis dengan Independent Sample T-test menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0,005 (< 0,05), yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik kedua kelas tersebut.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 29 Jun 2025 03:13 |
Last Modified: | 29 Jun 2025 03:13 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24467 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |