EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED-COLLABORATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS X-ATPH SMK AL-ITTIHAD BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Rosyida, Nur Laila (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED-COLLABORATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS X-ATPH SMK AL-ITTIHAD BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NUR LAILA ROSYIDA 23070210059.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NUR LAILA ROSYIDA 23070210059.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NUR LAILA ROSYIDA 23070210059.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NUR LAILA ROSYIDA 23070210059.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NUR LAILA ROSYIDA 23070210059.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NUR LAILA ROSYIDA 23070210059.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NUR LAILA ROSYIDA 23070210059.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NUR LAILA ROSYIDA 23070210059.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NUR LAILA ROSYIDA 23070210059.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NUR LAILA ROSYIDA 23070210059.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NUR LAILA ROSYIDA 23070210059.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NUR LAILA ROSYIDA 23070210059.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NUR LAILA ROSYIDA 23070210059.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NUR LAILA ROSYIDA 23070210059.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NUR LAILA ROSYIDA 23070210059.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NUR LAILA ROSYIDA 23070210059.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NUR LAILA ROSYIDA 23070210059.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NUR LAILA ROSYIDA 23070210059.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NUR LAILA ROSYIDA 23070210059.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari dilaksanakan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Open Ended-Collaboration terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi trigonometri pada siswa kelas X-ATPH SMK Al-Ittihad Bringin Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X-ATPH SMK Al-Ittihad Bringin Kabupaten Semarang dan diperoleh sampel kelas X A- ATPH dan X B – ATPH yang berjumlah 52 siswa. Pengambilan sampel menggunakan Teknik sensus atau sampling total. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis melalui uji normalitas dan homogenitas, lalu dilakukan uji hipotesis menggunakan uji one sample t-test dan uji independent sample t-test. Dari hasil penelitian ini diperoleh beberapa data yaitu: (1) hasil uji one sample t-test rata-rata siswa yang mendapat pembelajaran model Open Ended- Collaboration terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu sebesar 78,07. (2) hasil uji independent sample t-Test terhadap kemampuan pemecahan masalah diperoleh rata-rata nilai signifikansi sebesar 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Open Ended-Collaboration efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi trigonometri pada siswa kelas X-ATPH SMK Al-Ittihad Bringin Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jun 2025 17:34
Last Modified: 29 Jun 2025 17:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24469

Actions (login required)

View Item View Item