MU'AZAROH, LATIFATUL (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TENGARAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
LATIFATUL MU'AZAROH 23070210093.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
LATIFATUL MU'AZAROH 23070210093.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan question card terhadap hasil belajar matematika pada materi statistika siswa kelas X SMA Negeri 1 Tengaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi-eksperimental dan menggunakan desain pretest posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tengaran pada tahun ajaran 2024/2025. Sampel yang diambil melalui teknik clustered random sampling terdiri dari kelas X 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X 3 sebagai kelompok kontrol dengan total 72 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui uji normalitas dan homogenitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan one sample t-test, independent sample t-test, serta uji N-Gain. Hasil uji prasyarat menunjukkan bahwa data yang diperoleh memiliki distribusi normal dan homogen. Selanjutnya, analisis dengan menggunakan uji one sample t-test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan, H_0 ditolak dan H_1 diterima, yang mengindikasikan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen tidak sama dengan 75. Mengingat nilai t sebesar 11,786 bernilai positif dan rata-rata posttest kelas eksperimen mencapai 88,61, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih dari nilai KKTP (Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran). Kemudian dianalisis dengan uji independent sample t-test diperoleh 0,000 menunjukkan bahwa perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang mana kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar lebih tinggi dari kelas kontrol. Terakhir, berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain, rata-rata skor N-Gain sebesar 0,76 termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa seluruh kriteria efektivitas pembelajaran telah tercapai, sehingga model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan question card efektif terhadap hasil belajar matematika pada materi statistika siswa kelas X SMA Negeri 1 Tengaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 29 Jun 2025 17:49 |
Last Modified: | 29 Jun 2025 17:49 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24470 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |