KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI PENYAJIAN DATA DI SMP NEGERI 1 SALATIGA

ANISSAURA, SHAFA (2025) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI PENYAJIAN DATA DI SMP NEGERI 1 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SHAFA ANISSAURA 23070210004.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SHAFA ANISSAURA 23070210004.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SHAFA ANISSAURA 23070210004.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SHAFA ANISSAURA 23070210004.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SHAFA ANISSAURA 23070210004.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SHAFA ANISSAURA 23070210004.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SHAFA ANISSAURA 23070210004.pdf

Download (7MB)

Abstract

Anissaura, Shafa, 2025. Keefektifan Model Problem Based Learning Berbantuan Wordwall Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Penyajian Data di SMP Negeri 1 Salatiga. Skripsi, Salatiga, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga, Pembimbing: Muhamad Gani Rohman, M.Pd. Kata kunci : Problem Based Learning; Wordwall; Kemampuan Berpikir Kritis Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Problem Based Learning berbantuan wordwall efektif terhadap kemampuan berpikir kritis materi penyajian data di SMP Negeri 1 Salatiga. Indikator keefektifan dalam penelitian ini meliputi kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas eksperimen sebelum dan sesudah diberi perlakuan, serta rata-rata nilai peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental dan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini, variabel bebasnya yaitu model Problem Based Learning Berbantuan Wordwall dan variabel terikatnya yaitu kemampuan berpikir kritis. Populasi penelitian mencakup semua peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Salatiga, dengan teknik sampling menggunakan Cluster Random Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang dibagi ke dalam beberapa kelompok kemudian dipilih secara acak dan sebelumnya telah diuji menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata. Pengambilan sampel menghasilkan dua kelas terpilih, yaitu VIIF sebagai kelas eksperimen dan VIIG sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen akan mendapat perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Wordwall, sedangkan kelas kontrol dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata nilai peserta didik setelah diberikan perlakuan lebih baik dibanding sebelum diberikan perlakuan. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji hipotesis I dengan uji t berpasangan yang menunjukkan nilai t_hitung=25,9639>t_tabel=1,699, dan nilai pada kelas eksperimen mengalami peningkatan tinggi yang diuji menggunakan uji N-Gain diperoleh rata-rata =0,70166. Selain itu, rata-rata nilai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Wordwall lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division, hal tersebut dibuktikan melalui uji hipotesis II dengan uji t independent dan diperoleh nilai t_hitung=4,5405 > t_tabel=1,671. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Wordwall cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2025 03:27
Last Modified: 30 Jun 2025 03:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24476

Actions (login required)

View Item View Item