ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEMESTER GENAP MI MIFTAHUL HUDA LOPAIT KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Pramesti, Anastasya (2025) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEMESTER GENAP MI MIFTAHUL HUDA LOPAIT KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ANASTASYA PRAMESTI 23040210101.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI ANASTASYA PRAMESTI 23040210101.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI ANASTASYA PRAMESTI 23040210101.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI ANASTASYA PRAMESTI 23040210101.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI ANASTASYA PRAMESTI 23040210101.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI ANASTASYA PRAMESTI 23040210101.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI ANASTASYA PRAMESTI 23040210101.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI ANASTASYA PRAMESTI 23040210101.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk, (1) mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa kelas IV MI Miftahul Huda Lopait Tahun Ajaran 2024/2025, (2) mengetahui peran lingkungan keluarga dalam mengatasi kesulitan belajar matematika (3) menemukan upaya yang efektif untuk mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesulitan belajar matematika disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal mencakup sikap siswa terhadap pembelajaran, motivasi belajar yang rendah, kondisi fisik yang kurang optimal, dan keterbatasan kemampuan pengindraan. Sementara itu, faktor eksternal meliputi kurangnya variasi metode mengajar guru, pemanfaatan media pembelajaran yang belum maksimal, sarana prasarana sekolah yang kurang memadai, serta kurangnya perhatian dari lingkungan keluarga. (2) Minimnya pendampingan, kurangnya pengawasan orang tua. Dukungan dan keterlibatan orang tua terbukti penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang membantu siswa mencapai keberhasilan, khususnya dalam mata pelajaran matematika. (3) Upaya untuk mengatasi kesulitan tersebut antara lain penerapan pendekatan pembelajaran matematika, optimalisasi penggunaan media pembelajaran, peningkatan variasi latihan soal, serta penguatan kolaborasi antara pihak sekolah dengan orang tua/wali murid dalam memantau perkembangan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2025 04:00
Last Modified: 30 Jun 2025 04:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24477

Actions (login required)

View Item View Item