Analisis Perilaku Keterampilan Berbicara Naratif Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025

Septiana, Dwita (2025) Analisis Perilaku Keterampilan Berbicara Naratif Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DWITA SEPTIANA_23040210051.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku keterampilan berbicara naratif siswa, mengetahui faktor penyebab kesulitan berbicara naratif siswa, dan untuk mengetahui strategi guru dalalm meningkatkan keterampilan berbicara naratif siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Salatiga pada pembelajaran Bahasa Indonesia tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian diharapkan dapat mengungkap kekuatan dan kendala yang dihadapi siswa dalam mengungkapkan ide dan pengalaman mereka secara naratif yang kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi aspek perilaku linguistik dan psikologis yang mempengaruhi kemampuan bercerita siswa. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya bermanfaat untuk pengembangan pedagogi Bahasa Indonesia di kelas rendah, tetapi juga dapat menjadi acuan untuk meningkatkan kualitas interaksi dan komunikasi siswa di lingkungan sekolah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data ini dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi guru kelas III A dan 8 siswa kelas III A. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku keterampilan berbicara naratif siswa kelas III MIN Salatiga masih belum optimal. Hal ini terlihat dari ketidakjelasan vokal, bercampurnya logat daerah, nada bicara yang datar, sikap gerak tubuh dan ekspresi wajah yang monoton, pengucapan yang terputus-putus, serta struktur cerita yang kurang runtut. Penyebabnya meliputi faktor internal seperti kurangnya kepercayaan diri dan keterbatasan kosakata, serta faktor eksternal berupa metode pengajaran yang bervariasi dan lingkungan yang kurang mendukung. Strategi peningkatan yang diusulkan meliputi pembuatan peta pikiran, penggunaan bantuan gambar, pendongeng, dan bermain peran untuk membantu siswa menyusun cerita dengan lebih efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2025 17:27
Last Modified: 30 Jun 2025 17:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24494

Actions (login required)

View Item View Item