Maftukhah, Anny (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN (SATUAN PANJANG) MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV MI KEPUTON KECAMATAN BLADO KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Anny Maftukhah_11511063.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar merupakan hasil usaha peserta didik yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana penguasaan anak terhadap materi yang diberikan untuk mengetahui tingkat kecerdasan seseorang. Hasil belajar yang baik merupakan sesuatu yang sangat diharapkan oleh peserta didik, termasuk juga siswa kelas IV di MI Keputon. Siswa kelas IV di MI Keputon masih banyak yang mendapatkan prestasi yang bisa dibilang jauh dari memuaskan, Mereka tidak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik karena metode yang digunakan Guru kelas IV adalah metode konvensional saja yaitu dengan metode ceramah dan pemberian tugas saja. Untuk itu guru harus dapat membenahi pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran yang lain yaitu dengan memilih metode yang tepat dengan materi yang akan di sampaikan yaitu metode Problem Based Learning. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :Apakah metode Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pengukuran (satuan panjang) pada siswa kelas IV di MI Keputon Kecamatan Blado Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus. Setiap siklus dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Keputon Kecamatan Blado Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 23 terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 13 siswi perempuan. Data yang didapat berupa hasil belajar Matematika materi Pengukuran (satuan panjang) yang didapat dari test dan hasil pengamatan Berdasarkan hasil temuan dan analisis didapatkan kesimpulan bahwa metode problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi Pengukuran (satuan panjang) pada Siswa kelas IV di MI Keputon Kecamatan Blado Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2015/2016. PadaSiklus I persentase siswa yang mencapai KKM adalah sebanyak 16 siswa atau 69% dan yang belum tuntas sebanyak 7 siswa atau 30% dengan rata-rata kelasnya adalah 62,82 dan pada siklus ke II mengalami peningkatan yang sangat signifikan siswa yang mencapai KKM adalah20 siswa atau 86% dan yang belum tuntas sebanyak 3 siswa atau 13% dengan rata-rata kelasya adalah 76,73 dan pada tahap yang terakhir yaitu siklus III mengalami peningkatan lebih baik lagi dari siklus sebelumnya seluruh siswa yang berjumlah 23 siswa atau 100% mampu mencapai nilai KKM yang ditentukan dengan rata-rata kelasnya yaitu 86,93.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Feb 2016 02:32 |
Last Modified: | 17 Feb 2016 02:32 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/245 |
Actions (login required)
View Item |