LATIFAH, TRIKUNTHI INDRAWATI KARTINI (2025) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 PADA MATERI STATISTIKA FASE E DI SMA ASSALAM TEMPURAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
TRIKUNTHI INDRAWATI KARTINI LATIFAH_23070210075.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
TRIKUNTHI INDRAWATI KARTINI LATIFAH_23070210075.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
TRIKUNTHI INDRAWATI KARTINI LATIFAH_23070210075.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
TRIKUNTHI INDRAWATI KARTINI LATIFAH_23070210075.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
TRIKUNTHI INDRAWATI KARTINI LATIFAH_23070210075.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pengembangan game edukasi berbasis Android menggunakan Construct 2 pada Materi Statistika Fase E di SMA Assalam Tempuran serta menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Assalam Tempuran Fase E Tahun Pelajaran 2024/2025. Instrumen pada penelitian ini berupa lembar validasi ahli materi dan media (game edukasi), lembar soal Pretest-Posttes, lembar kepraktisan guru dan siswa. Analisis data yang dilakukan dalam studi pendahuluan adalah kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis data kevalidan, keefektifan, serta kepraktisan. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji Paired Sample T-Test, dan uji One Sample T-Test. Proses pengembangan dimulai dari tahap analysis dengan mengidentifikasi kebutuhan siswa dan karakteristik materi statistika. Pada tahap design, dirancang alur permainan dan storyboard. Tahap development mencakup pembuatan game menggunakan Construct 2 serta validasi oleh ahli materi dan media. Tahap implementation dilakukan melalui uji coba kecil di satu kelas, sedangkan evaluation dilakukan secara formatif melalui masukan para ahli dan secara sumatif melalui pretest dan posttest. Hasil validasi menunjukkan game edukasi sangat valid, nilai 88% dari ahli materi dan 86% dari ahli media. Kepraktisan dinilai sangat baik dengan respon guru 86% dan siswa 91,33%. Uji keefektifan meliputi Uji Normalitas, uji Paired Sample T-Test, dan uji One Sample T-Test. Uji normalitas menunjukkan bahwa data terdistribusi normal. Uji Paired Sample T-Test menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari pretest ke posttest dengan signifikansi 0,001, menandakan adanya perbedaan yang signifikan. Selanjutnya, uji One Sample T-Test menunjukkan bahwa nilai posttest siswa secara signifikan melampaui nilai KKTP (70), yang membuktikan bahwa game edukasi ini efektif dalam mendukung hasil belajar siswa. Dengan demikian, game edukasi ini valid, praktis, dan efektif dalam mendukung hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 17:54 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 17:54 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24500 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |