PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PROGRAM GERAKAN CINTA AL-QURAN (GENTA) KELAS TAHFIDZ TERHADAP PERUBAHAN TINGKAH LAKU SISWA DI SMP MUHAMADIYAH SALATIGA

Acyka, (2025) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PROGRAM GERAKAN CINTA AL-QURAN (GENTA) KELAS TAHFIDZ TERHADAP PERUBAHAN TINGKAH LAKU SISWA DI SMP MUHAMADIYAH SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ACYKA 23080210061.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI ACYKA 23080210061.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI ACYKA 23080210061.pdf

Download (7MB)

Abstract

Acyka.2025. PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PROGRAM GERAKAN CINTA AL-QURAN (GENTA) KELAS TAHFIDZ TERHADAP PERUBAHAN TINGKAH LAKU SISWA DI SMP MUHAMADIYAH SALATIGA, Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Pendidikan Agama Islam, UIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Wahidin, M.Pd. Kata Kunci: guru bimbingan dan konseling, program genta, perubahan tingkah laku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui seberapa penting peran guru bimbingan konseling dalam melaksanakan program GENTA di SMP Muhammadiyah Salatiga; 2) memahami persepsi siswa mengenai peran guru bimbingan konseling dalam membentuk perubahan tingkah laku melalui program GENTA di SMP Muhammadiyah Salatiga; 3) mengidentifikasi strategi apa yang digunakan oleh guru bimbingan konseling dalam program GENTA guna mendorong perubahan tingkah laku siswa SMP Muhammadiyah Salatiga. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden terdiri dari 4 orang guru, 11 orang siswa. Analisis data menggunakan tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, guru BK berperan aktif dalam program GENTA tidak hanya sebagai administrator, tetapi juga sebagai inisiator, koordinator, motivator, dan pendamping siswa. Kedua, program tahfidz dan bimbingan BK berkontribusi positif terhadap perubahan tingkah laku siswa, termasuk peningkatan akhlak, disiplin, kebiasaan positif, dan ketenangan emosional. Ketiga, strategi yang digunakan guru BK dalam program GENTA meliputi pendekatan yang beragam, yang menggabungkan pemahaman Al-Qur'an dengan kehidupan sehari-hari siswa, pendekatan individual, motivasi yang relevan, keteladanan, dan komunikasi efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2025 18:27
Last Modified: 30 Jun 2025 18:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24508

Actions (login required)

View Item View Item