Mubarok, Muhamad (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI SMK-SPP DHARMA LESTARI KOTA SALATIGA DAN MA NURUL ISLAM TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
TESIS_MUHAMAD MUBAROK_12010220012-2.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Mubarok, Muhamad (2024). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Total Quality Management di SMK-SPP Dharma Lestari Kota Salatiga dan MA Nurul Islam Tengaran Tahun Ajaran 2023/2024. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam. Program Pascasarjana. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Achmad Maimun, M.Ag Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Total Quality Management (TQM) di SMK-SPP Dharma Lestari Kota Salatiga dan MA Nurul Islam Tengaran. (2) Untuk menganalisis Implikasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Total Quality Management (TQM) di SMK-SPP Dharma Lestari Kota Salatiga dan MA Nurul Islam Tengaran. (3) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Total Quality Management (TQM) di SMK-SPP Dharma Lestari Kota Salatiga dan MA Nurul Islam Tengaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan mengenai Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam yang berbasis Total Quality Management (TQM) melalui data yang diambil dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, penulis menemukan beberapa data: (1) Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Total Quality Management (TQM) di SMK-SPP Dharma Lestari Kota Salatiga dan MA Nurul Islam Tengaran yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan di SMK-SPP Dharma Lestari Kota Salatiga mencakup rapat awal tahun, menyusun program satu tahun, pembagian tugas guru, membuat perangkat pembelajaran. Sedangkan di MA Nurul Islam Tengaran mencakup membuat tim BPI (Bina Pribadi Islam), rapat awal tahun, merancang kurikulum PAI, pembagian tugas guru, mengikuti pelatihan. Pada pelaksanaanya SMK-SPP Dharma Lestari Kota Salatiga meliputi melibatkan semua komponen, pembelajaran PAI menyenangkan, meningkatkan kualitas PAI, kegiatan PAI melibatkan peserta didik. Sedangkan di MA Nurul Islam Tengaran meliputi memenuhi kebutuhan siswa, mengikuti perkembangan IT, meningkatkan kualitas pendidikan, dan mempersiapkan peserta didik di masa depan. Evaluasi di SMK-SPP Dharma Lestari Kota Salatiga meliputi supervisi guru, evaluasi bulanan, tahunan, dan akhir semester. Sedangkan di MA Nurul Islam Tengaran meliputi evaluasi harian, mingguan, bulanan, tahunan, dan akhir semester. (2) Implikasi kurikulum PAI berbasis TQM di SMK-SPP Dharma Lestari Kota Salatiga dan MA Nurul Islam Tengaran meliputi kualitas, kepuasan pelanggan, peningkatan berkelanjutan, dan pendekatan menyeluruh di semua komponen organisasi. (3) Faktor pendukung meliputi diklat, kepemimpinan kepala sekolah, SDM mendukung, biaya mencukupi, fasilitas dan pelayanan yang baik, keterlibatan semua komponen, struktur pendukung, guru terseleksi, dan relasi sekolah. Sedangkan faktor penghambat meliputi kesadaran guru lemah, kultur guru dan peserta didik yang berbeda-beda, serta beban guru yang banyak. Kata kunci: Implementasi, Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Total Quality Management
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 18:35 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 18:35 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24510 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |