Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) melalui Projek Penguatan Profil Murid Al-Azhar (P3MA) di SD Islam Al-Azhar 22 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025

Vitria, Umi Charismatul (2025) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) melalui Projek Penguatan Profil Murid Al-Azhar (P3MA) di SD Islam Al-Azhar 22 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Umi Charismatul Vitria 23040210060.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Umi Charismatul Vitria 23040210060.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Umi Charismatul Vitria 23040210060.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Umi Charismatul Vitria 23040210060.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) implementasi projek P5 melalui P3MA di SD Islam Al-Azhar 22 Salatiga, 2) faktor penghambat dan pendukung implementasi projek P5 melalui P3MA di SD Islam AlAzhar 22 Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data penelitian mencakup kepala sekolah, guru, serta siswa. Proses analisis data dilakukan melalui empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Pengecekan data diperiksa dengan menerapkan triangulasi teknik dan triangulasi sumber untuk memastikan keabsahan temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) SD Islam Al-Azhar 22 Salatiga telah menerapkan P3MA sejak 2022/2023 sebagai adaptasi P5 yang mengintegrasikan nilainilai Al-Azhar yaitu beradab, berwatak pejuang, cendikia, terampil, cinta tanah air, sehat jasmani dan rohani. Adapun implementasi P3MA meliputi perencanaan projek dengan membuat tim fasilitator, mengidentifikasi tingkat kesiapan sekolah, penentuan tema oleh tim kurikulum, menyusun modul kegiatan, merancang strategi pelaporan hasil. Sedangkan, pelaksanaan projek diawali dengan koordinasi bersama kepala sekolah dan penyusunan proposal kegiatan, mengoptimalkan P3MA dengan bekerja sama dengan mitra luar dan penyelenggaraan gelar karya. Adapun dalam evaluasi kegiatan, penilaian dilakukan secara langsung pada saat kegiatan dengan menggunkan rubrik, seluruh dokumen penilaian dan dokumentasi kegiatan (foto/video) dikumpulkan dan dilaporkan ke dalam rapor P3MA. 2) Faktor penghambat implementasi projek tersebut adalah adanya keterbatasan transportasi untuk kegiatan luar sekolah, partisipasi guru yang belum optimal, preferensi siswa dalam makanan tertentu, inkonsistensi dalam projek berkelanjutan, serta variasi tingkat pemahaman siswa. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu adanya dukungan aktif dari orang tua siswa, pemanfaatan teknologi secara bijak, dan adanya keterlibatan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2025 18:37
Last Modified: 30 Jun 2025 18:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24512

Actions (login required)

View Item View Item