Ma'rifah, Amalia (2025) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TENGARAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI AMALIA MA'RIFAH 23070210089.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI AMALIA MA'RIFAH 23070210089.pdf Download (7MB) |
Abstract
Ma’rifah, Amalia. 2025. Efektivitas Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tengaran Tahun Pembelajaran 2024/2025. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci : Efektivitas; Problem Based Learning; Pendekatan Open-Ended; Berbantuan LKPD; Pemecahan Masalah Matematika Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Open-Ended berbantuan LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) dan desain Pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, dengan kelas VII G sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan Open-Ended berbantuan LKPD dan kelas VII H sebagai kelas kontrol yang menggunakan model Discovery Learning berbantuan LKPD. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari tes uraian. Soal tes telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan taraf kesukaran sebelum penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji Independent Sample T-Test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji Independent Sample T-Test yang memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata posttest kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen dan kelas kontrol. Serta hasil bahwa uji N-Gain menghasilkan peningkatan dari rata-rata Pretest-posttest hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 0, 7275 yang termasuk kategori tinggi sedangkan rata-rata siswa kelas kontrol sebesar 0, 6323 yang termasuk kategori sedang yang berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan pendekatan Open-Ended berbantuan LKPD efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi kesebangunan bangun datar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 19:30 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 19:30 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24529 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |