ANALISIS CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING OLEH DIVISI MARKETING DI KSPPS TEKUN SAHABAT MANDIRI CABANG KARANGGEDE

Dewi Setyowati, Ella (2018) ANALISIS CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING OLEH DIVISI MARKETING DI KSPPS TEKUN SAHABAT MANDIRI CABANG KARANGGEDE. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Susunan TA ELLA DEWI SETYOWATI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Setyowati, Ella Dewi. Analisis Customer Relationship Marketing Oleh Divisi Marketing di KSPPS Tekun Sahabat Mandiri Cabang Karanggede. Tugas Akhir. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program D III Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Dr. H. Alfred. L, M.S.i. Kata kunci: Relationship marketing, membangun hubungan baik dengan nasabah, hambatan dalam penerapan relationship marketing. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aspek perbankan yang menjadi pusat perhatian, karena merupakan salah satu penggerak pembangunan ekonomi nasional. Sehingga perusahaan harus selalu mengikuti perubahan situasi untuk mendapatkan peluang pasar. Peluang pasar dapat dilakukan dengan peningkatan kredibilitas perusahaan. Penanaman kredibilitas perusahaan tentu bukan hal yang mudah, dibutuhkan strategi yang tepat agar maksud dan tujuan dapat tercapai secara maksimal terutama dalam pemasaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi Divisi Marketing dalam meningkatkan relationship Marketing dengan nasabah serta untuk mengetahui kendala-kendala yang ditemukan Divisi marketing dalam melakukan relationship marketing. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model deskriptif melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di KSPPS Tekun Sahabat Mandiri Cabang Karanggede Kabupaten Boyolali. Berdasarkan analisis data, penerapan relationship marketing belum berjalan dengan optimal hal ini dikarenakan Divisi Marketing hanya fokus pada hubungan jangka panjang. Meskipun demikian strategi yang dilakukan dalam membangun hubungan dengan nasabah sudah berjalan baik. Tapi dengan demikian adapula kendala yang sulit dipecahkah oleh Divisi Marketing yaitu mengaktifkan pelanggan yang sudah tidak aktif atau meninggalkan produk-produk perusahaan dikarenakan kurang tidak puasnya pelayanan atau ketidakpuasan dengan produk yang ada di perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2018 07:30
Last Modified: 06 Mar 2018 07:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/2453

Actions (login required)

View Item View Item