Penerapan Metode Storytelling Menggunakan Media Wayang Kertas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teman Baru Siswa Kelas 1 Di SD Negeri Sidorejo Kidul 03 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025

MILLA, VINA USWATUN (2025) Penerapan Metode Storytelling Menggunakan Media Wayang Kertas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teman Baru Siswa Kelas 1 Di SD Negeri Sidorejo Kidul 03 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Vina Uswatun Milla 23040210028 3.pdf

Download (3MB)

Abstract

Milla Uswatun, Vina 2025. “Penerapan Metode Storytelling Menggunakan Media Wayang Kertas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teman Baru Siswa Kelas I SD Negeri Sidorejo Kidul 03 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025”. SKRIPSI.Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) S1. Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga (UIN). Pembimbing : Dr. Fatchurohman, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Metode Storytelling, Media Wayang Kertas, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teman baru dengan menerapkan metode storytelling menggunakan media wayang kertas pada siswa kelas I SD Negeri Sidorejo Kidul 03 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam dua siklus, yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap November sampai Februari, subjek penelitian sebanyak 24 siswa kelas I SD Negeri Sidorejo Kidul 03 Salatiga. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, yaitu pada tahap siklus I sebesar 58,3% kemudian pada siklus II mengalami peningkatan secara signifikan menjadi 87,5%. Hal ini berarti terjadi peningkatan hampir 30%. Dengan demikian penerapan metode storytelling menggunakan media wayang kertas dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri Sidorejo Kidul 03 Salatiga tahun ajaran 2024/2025 di mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teman baru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2025 20:13
Last Modified: 30 Jun 2025 20:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24537

Actions (login required)

View Item View Item