EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

mahing, Syaifullah s (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SYAIFULLAH S MAHING 23060180046..pdf

Download (2MB)

Abstract

Mahing, S, Syaifullah. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Materi Suhu dan Perubahanya Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Jurusan Guru Mata Pelajaran, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Kata Kunci: Kooperatif Tipe Jigsaw; Hasil Belajar Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas VII D tahun pelajaran 2024/2025 SMPN 3 Salatiga yang menggunakan model pembelajaran Koopratif tipe jigsaw. 2) Mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas VII F tahun ajaran 2024/2025 SMPN 3 Salatiga yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction dengan metode ceramah. 3) Menganalisis efektivitas model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII D tahun ajaran 2024/2025 SMPN 3 Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi experiment serta menggunakan Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri Salatiga yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam Penelitian ini adalah Purposive sampling, dimana kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Instrumen tes pada penelitian ini berupa soal tes yang sudah diperiksa keabsahannya melalui uji reliabilitas, validitas, daya beda, dan tingkat kesukaran soal. Nilai pretest dan posttest dianalisis uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test (Independent Sample T-Test) menggunakan program SPSS 22.0. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan 1) Hasil belajar IPA siswa kelas VII D tahun pelajaran 2024/2025 SMPN 3 Salatiga yang menggunakan model Kooperatif Tipe Jigsaw sebesar (84,90) 2) Hasil belajar IPA siswa kelas VII F tahun ajaran 2024/2025 SMPN 3 Salatiga dengan model Direct instuction (metode ceramah) sebesar (74,39) 3) Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw efektif terhadap hasil belajar hal ini berdasarkan hasil analisis data yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model Jiigsaw dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Analisis data uji-t dan perhitungan. Hasil uji-t menunjukan nilai signifiknsi < 0,05. Selain itu, hasil rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yang menunjukkan bahwa model Jigsaw memiliki dampak positif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2025 20:31
Last Modified: 30 Jun 2025 20:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24541

Actions (login required)

View Item View Item