SANTOSO, DWI (2025) Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Datar Kelas VII SMP Negeri 1 Bringin. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
DWI SANTOSO_23070210079_SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
DWI SANTOSO_23070210079_SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Santoso, Dwi. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Datar Kelas VII SMP Negeri 1 Bringin. Skripsi. Salatiga. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Efektivitas, Problem Based Learning, Diferensiasi, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar kelas VII SMP Negeri 1 Bringin. Indikator efektif dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan rata – rata yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan suatu model pembelajaran dengan pendekatannya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat quasi eksperimen dengan desain Nonequivalen Control Group Design atau juga bisa disebut untreated control group design with pretest and posttest. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bringin tahun pelajaran 2024/2025 dengan sampel kelas VII C sebanyak 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan VII D sebanyak 34 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Metode pengambilan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas, yang kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji one sample t-test, uji independent sample t-test, dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan berdiferensiasi efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar kelas VII SMP Negeri 1 Bringin. Pernyataan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan, yang meliputi uji one sample t-test dimana hasil keputusan perhitungannya nilai rata – rata hasil belajar matematika peserta didik kelas eksperimen tidak sama dengan 72 (nilai KKTP yang ditetapkan oleh sekolah). Uji selanjutnya yaitu uji independent sample t-test dimana hasilnya 0,000 yang artinya terdapat perbedaan rata – rata hasil belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan. Uji selanjutnya yaitu uji N-Gain yang diperoleh hasil bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan berdiferensiasi efektif terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar kelas VII SMP Negeri 1 Bringin.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 20:39 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 20:39 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24544 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |