NORIZZAH, SITI (2025) PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 DI MI MA'ARIF MANGUNSARI TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Siti Norizzah_23040210087.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Siti Norizzah_23040210087.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Norizzah, Siti. 2025. “Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Di MI Ma’arif Mangunsari Tahun Ajaran 2024/2025”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Guru Kelas Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Muhammad Arif Al-Fikri,M.Pd. Kata Kunci : Gerakan Literasi Sekolah, Kemampuan Membaca Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa kelas 1 di MI Ma’arif Mangunsari Tahun Ajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya literasi dasar sejak dini dalam membentuk kemampuan akademik siswa di masa depan. Gerakan literasi sekolah diharapkan dapat menjadi salah satu upaya efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa khususnya pada jenjang Sekolah Dasar maupun Madrasah Ibtidaiyah Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Ex Post Facto. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang mengukur pelaksanaan gerakan literasi sekolah dan rubrik penilaian kemampuan membaca siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 62 siswa dengan menggunakan rumus solvin. dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket dan dokumentasi dan dengan teknik analisis data regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan antara gerakan literasi sekolah terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa kelas 1 di MI Ma’arif Mangunsari Tahun Ajaran 2024/2025. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji paired sample T-test dengan nilai signifikansi 0,05 diperoleh nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,000 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga dapat dikatakan bahwa H0 ditolak. Dengan df = 60 dan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai t tabel yaitu 1,671. Sedangkan nilai t hitung sebesar 7.897. Berdasarkan data tersebut, diperoleh hasil 7,897 lebih besar dari 1,671 (t hitung > t tabel) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya diperoleh hasil uji koefisien determinasi R square sebesar 0,510 menunjukkan bahwa 51% gerakan literasi sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa kelas 1 di MI Ma’arif Mangunsari Tahun Ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 22:23 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 22:23 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24572 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |