OKTAFIYA, EGA (2025) ANALISIS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MANAJEMEN EMOSI SISWA DI SMP ISLAM NGADIREJO KECAMATAN NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI_EGA OKTAFIYA_23080210053_FTIK BKPI.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Oktafiya, Ega. 2025. Analisis Layanan Bimbingan dan Konseling Islam dalam Manajemen Emosi Siswa di SMP Islam Ngadirejo Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Muhamad Rozikan, M.Pd. Kata Kunci: Layanan Bimbingan dan Konseling Islam; Manajemen Emosi Setiap manusia memiliki cara dan kadar emosi yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana implementasi layanan bimbingan dan konseling Islam yang diterapkan untuk membantu peserta didik dalam memanajemen emosi di lingkungan sekolah SMP Islam Ngadirejo, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, serta apa saja tantangan dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian lapangan. Data yang dikumpulkan berasal dari dua sumber utama: data primer berupa hasil wawancara dengan guru bimbingan dan konseling Islam, dan peserta didik, dan data sekunder berupa dokumentasi foto kegiatan serta informasi profil sekolah. Pengecekan data dilakukan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, implementasi layanan bimbingan dan konseling Islam yang dilakukan guru BK Islam di SMP Islam Ngadirejo menggunakan strategi layanan dasar dasar dalam manajemen emosi yang positif dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa dalam bersosial, belajar, dan berkarir, sekaligus menaikkan prestasi akademis. Guru BK berkolaborasi dengan guru lain, membimbing siswa mengubah pola pikir negatif menjadi positif serta menanamkan nilai Islam sebagai fondasi karir, sehingga emosi siswa lebih terkontrol dan hasil belajar meningkat. Hasilnya, emosi peserta didik lebih terkontrol dan prestasi belajar meningkat. Sedangkan tantangan dan hambatan yang dialami guru BK di SMP Islam Ngadirejo hadapi yakni kurangnya waktu layanan, orang tua siswa yang tidak lengkap, serta siswa yang sulit fokus saat jam pembelajaran berlangsung. Guru BK berupaya melakukan yang terbaik dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling Islam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 23:33 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 23:33 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24577 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |