PENGARUH RESILIENSI AKADEMIK DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA

MAGHFIRA, ALYA OCKTY (2025) PENGARUH RESILIENSI AKADEMIK DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Alya ockty maghfira_ 43040210006.pdf

Download (6MB)

Abstract

Maghfira , Alya Ockty. 2025. Pengaruh Resiliensi Akademik dan Kompetensi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Muhmmadiyah Salatiga. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah UIN Salatiga. Pembimbang: Widayati Lestari, M.Psi. Kata kunci : Resiliensi akademik; Kompetensi guru dan Motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh resiliensi akademik terhadap motivasi belajar pada siswa SMP Muhammadiyah Salatiga, (2) Pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar pada siswa SMP Muhammadiyah Salatiga, dan (3) Pengaruh resiliensi akademik dan kompetensi guru terhadap motivasi belajar pada siswa SMP Muhammadiyah Salatiga. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling yaitu sampling jenuh. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 orang responden siswa aktif kelas 7 dan 8 smp muhammadiyah salatiga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat Pengaruh signifikan antara resiliensi akademik terhadap motivasi belajar siswa SMP Muhammadiyah Salatiga. Pernyataan ini dibuktikan berdasarkan perhitungan hasil nilai signifikansi uji T sebesar 0.004 < 0,05 dan nilai Thitung sebesar 2.955 > Ttabel 1.998 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh resiliensi akademik terhadap motivasi belajar pada siswa SMP Muhammadiyah Salatiga. (2) Terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa SMP Muhammadiyah Salatiga. Pernyataan ini dibuktikan berdasarkan perhitungan hasil nilai signifikansi uji T sebesar 0.000 < 0,05 dan nilai Thitung sebesar 4.427 > Ttabel 1.998 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar pada siswa SMP Muhammadiyah salatiga. (3) Terdapat pengaruh signifikan antara resiliensi akademik dan kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa SMP Muhammadiyah salatiga. Pernyataan ini dibuktikan berdasarkan perhitungan hasil nilai signifikansi uji f sebesar 0.000 < 0,05 dan nilai Fhitung sebesar 27.900> Ftabel 3.13 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh resiliensi akademik dan kompetensi guru secara simultan terhadap motivasi belajar pada siswa SMP Muhammadiyah Salatiga. Hasil uji F juga didukung dengan uji koefisien determinasi (R2) yang menunjukkan bahwa nilai adjusted R square sebesar 0.438 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh resiliensi akademik dan kompetensi guru secara simultan terhadap motivasi belajar pada siswa SMP Muhammadiyah salatiga sebesar 43,8% sisanya 56,2 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2025 23:49
Last Modified: 30 Jun 2025 23:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24578

Actions (login required)

View Item View Item