PENGARUH PROMOSI KONTEN TIKTOK TERHADAP MINAT BELI KULINER PADA FOLLOWERS @jelajahsalatiga DI KOTA SALATIGA

ZA'IMAH, NURUL NADA (2025) PENGARUH PROMOSI KONTEN TIKTOK TERHADAP MINAT BELI KULINER PADA FOLLOWERS @jelajahsalatiga DI KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Final Nurul Nada .pdf

Download (5MB)
[img] Text
Final Nurul Nada .pdf

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan media sosial sebagai sarana komunikasi dan promosi telah mengalami transformasi yang signifikan. Salah satu platform yang mengalami pertumbuhan pesat dan menunjukkan efektivitas tinggi sebagai media promosi adalah TikTok. TikTok memberikan peluang besar bagi pelaku usaha dan brand untuk mempromosikan produk atau jasa mereka secara kreatif dan interaktif. Akun TikTok @jelajahsalatiga merupakan salah satu contoh nyata dari pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi digital yang efektif. pada Akun ini secara konsisten mengunggah konten-konten yang mengeksplorasi berbagai macam kuliner lokal khas Salatiga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis sejauh mana promosi konten TikTok @jelajahsalatiga dapat memengaruhi minat beli masyarakat terhadap kuliner di Kota Salatiga.Sampel yang digunakkan dalam penelitian ini adalah followers @jelajahsalatiga. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik compare means. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi konten TikTok secara signifikan memengaruhi minat beli kuliner pada followers @jelajahsalatiga sebesar p = 0,002 < 0,05; t = 3,176 > 1,984. Maka dapat dinyatakan bahwa H1 diterima. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi yang telah dilakukan, didapat niali Rsquare sebesar 0,722 yang artinya variabel Minat Beli memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel minat beli dengan persentase sebesar 72,2%. Adapun besaran persentase yang lain sebesar 27,8% disebabkan oleh variabel lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu budaya
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2025 15:09
Last Modified: 01 Jul 2025 15:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24596

Actions (login required)

View Item View Item