Maidah, Siti Fatihatul (2025) EFEKTIVITAS GAME WORDWALL PADA MATERI IMBUHAN “ME-” MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MIN SALATIGA TAHUN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Siti Fatihatul Maidah_001.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Siti Fatihatul Maidah_001.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Siti Fatihatul Maidah_001.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Siti Fatihatul Maidah_001.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Siti Fatihatul Maidah_001.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Maidah, Siti Fatihatul. 2025. Efektivitas Game Wordwall pada Materi Imbuhan “Me-“ Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MIN Salatiga Tahun 2024/2025: skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga, Pembimbing: Marwanto, M.Pd. Kata Kunci: Evektifitas; Game Wordwall; Materi Imbuhan Me- Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui keefektifan penggunaan game edukasi wordwall pada materi imbuhan “me-” dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV. Metode penelitian yang diterapkan berjenis kuantitatif melalui metode quasi eksperimen Pretest-Posttest Control Group Desaind. Populasi yang diteliti adalah seluruh siswa kelas IV MIN Salatiga dengan pemilihan sampel menggunakan teknik sampling kuota atau pengambilan sampel dari populasi yang dilakukan melalui penentuan jumlah (kuota) yang diinginkan. Sampel terdiri dari 50 anak dengan pembagian kelas IV A sebagai kelas kontrol dan IV B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, soal tes, dan angket. Keabsahan soal diuji menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan uji daya pembeda soal. Analisis data dilakukan melalui Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Independent T-Test dan Uji N-Gain berbantuan IBM SPSS Statistic 26. Hasil penelitian menjelaskan bahwa melalui penggunaan media game edukasi wordwall dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran khususnya materi imbuhan “me-“ mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut didukung dengan respon positif kelas eksperimen dengan presentase rata-rata 82.24%. Adapun hasil analisis menggunakan uji T-Test mendapatkan hasil 0.24 > 0.05 yang artinya terdapat pengaruh terhadap pemahaman materi siswa melalui penggunaan media game edukasi wordwall. Hasil Uji N-Gain juga mendapatkan nilai sebesar 0.3621 yang merupakan kategori 0.3 ≤ g ≤ 0.7 sehingga dapat dikatakan cukup efektif. Dengan demikian, penerapan media game edukasi wordwall terhadap materi imbuhan “me-“ mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV MIN Salatiga terbukti efektif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 17:23 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 17:23 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24608 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |