PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMNET (TGT) DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS MATERI TRADISI KELUARGA DAN MASYARAKAT KELAS III MI AL- MAHMUD KUMPULREJO 01 TAHUN 2024/2025

Erlina, Shinta (2025) PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMNET (TGT) DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS MATERI TRADISI KELUARGA DAN MASYARAKAT KELAS III MI AL- MAHMUD KUMPULREJO 01 TAHUN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SHINTA ERLINA (23040210076).pdf

Download (8MB)
[img] Text
SHINTA ERLINA (23040210076).pdf

Download (8MB)
[img] Text
SHINTA ERLINA (23040210076).pdf

Download (8MB)
[img] Text
SHINTA ERLINA (23040210076).pdf

Download (8MB)
[img] Text
SHINTA ERLINA (23040210076).pdf

Download (8MB)
[img] Text
SHINTA ERLINA (23040210076).pdf

Download (8MB)
[img] Text
SHINTA ERLINA (23040210076).pdf

Download (8MB)
[img] Text
SHINTA ERLINA (23040210076).pdf

Download (8MB)
[img] Text
SHINTA ERLINA (23040210076).pdf

Download (8MB)

Abstract

Erlina, Shinta. 2025. Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Teka-Teki Silang terhadap Hasil Belajar IPAS Materi Tradisi Keluarga dan Masyarakat Kelas III MI Al- Mahmud Kumpulrejo 01 Tahun Ajaran 2024 / 2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Guru Kelas Fakukltas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Marwanto, M.Pd. Kata Kunci: Model Teams Games Tournament, Media Teka-Teki Silang, Hasil Belajar, IPAS, Tradisi Keluarga dan Masyarakat Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) dengan media teka-teki silang terhadap hasil belajar IPAS materi tradisi keluarga dan masyarakat kelas III MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 tahun ajaran 2024/2025 dan untuk mengetahui efektifitas model Teams Games Tournament (TGT) dengan media teka-teki silang terhadap hasil belajar IPAS materi tradisi keluarga dan masyarakat kelas III MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode ekperimen semu (Quasi Exsperimental Design) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas ekperimen. Kelas kontrol diambil dari kelas III A sebanyak 18 siswa dan kelas ekperimen diambil dari kelas III B sebanyak 20 siswa. Penelitian ini menambil data dengan menggunakan tes. Data yang diperoleh dianalisis malalui uji normalitas dan homogenitas, selanjutnya dilakukan uji hipoteses Independent sample t-test untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model Teams Games Tournament(TGT) pada pembelajaran IPAS dengan media teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa kelas III di MI Al- Mahmud Kumpulrejo01, dan uji N-gain untuk mengetahui efektifitas model Teams Games Tournament(TGT) pada pembelajaran IPAS dengan media teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa kelas III di MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01. Hasil uji pra-syarat menyatakan bahwa data yang diperoleh berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dianalisis dengan uji Independent sample t-test didapatkan nilai sig(2-tailed) adalah 0,000 bisa dikatakan lebih kecil dari 0,05. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, maka dapat disimpulkan penggunaan model Teams Games Tournament(TGT) dengan media teka-teki silang berpengaruh terhasil belajar IPAS materi tradisi kelarga dan masyarakat kelas III MI Al- Mahmud Kumpulrejo 01 tahun ajaran 2024/2025. Untuk uji N-Gain diperoleh 69,51 atau 69,5% yang termasuk dalam rentang kategori 56%-75% dengan klasifikasi cukup efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Jul 2025 20:29
Last Modified: 02 Jul 2025 20:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24645

Actions (login required)

View Item View Item