PENGARUH POSITIVE CIRCLE DAN GAYA KOMUNIKASI GURU PAI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS PROGRAM KHUSUS ATLET DI SMA MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

ARFANI, MUHAMAD RIFQI (2025) PENGARUH POSITIVE CIRCLE DAN GAYA KOMUNIKASI GURU PAI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS PROGRAM KHUSUS ATLET DI SMA MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_MUHAMAD_RIFQI_ARFANI_104_NEW[1][1] (5) (1).pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_MUHAMAD_RIFQI_ARFANI_104_NEW[1][1] (5) (1).pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_MUHAMAD_RIFQI_ARFANI_104_NEW[1][1] (5) (1).pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_MUHAMAD_RIFQI_ARFANI_104_NEW[1][1] (5) (1).pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Arfani, Muhamad Rifqi. 2025 Pengaruh Positive Circle dan Gaya Komunikasi Guru PAI terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Program Khusus Atlet di SMA Muhammadiyah Plus Kota Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Siti Rukhayati, M.Ag. Kata kunci: positive circle, gaya komunikasi guru pai, minat belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positive circle dan gaya komunikasi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap minat belajar siswa kelas program khusus atlet di SMA Muhammadiyah Plus Kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan populasi seluruh siswa program khusus atlet yaitu 50 siswa dan karena jumlahnya kurang dari 100, maka seluruh populasi dijadikan sampel. Terdapat tiga variabel: positive circle (X1), gaya komunikasi guru PAI (X2), dan minat belajar (Y). Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan 60 pernyataan dan diuji validitas serta reliabilitasnya. Analisis data meliputi analisis deskriptif, uji asumsi klasik, regresi sederhana dan berganda menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Positive circle berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa dengan nilai thitung sebesar 2,663 > ttabel 2,012 dan signifikansi 0,011 < 0,05; (2) Gaya komunikasi guru PAI berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa dengan nilai thitung 6,393 > ttabel 2,021 dan signifikansi 0,000 < 0,05; (3) Positive circle dan gaya komunikasi guru PAI secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa dengan nilai Fhitung 26,573 > Ftabel 3,19 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,531 menunjukkan bahwa 53,1% variasi minat belajar siswa dipengaruhi oleh kedua variabel tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Jul 2025 14:03
Last Modified: 03 Jul 2025 14:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24662

Actions (login required)

View Item View Item