ANALISIS BRAND LOYALTY PADA LAZISMU KABUPATEN SEMARANG

Aldiyanto, Ahmad Sofyan (2025) ANALISIS BRAND LOYALTY PADA LAZISMU KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ANALISIS BRAND LOYALTY PADA LAZISMU KABUPATEN SEMARANG.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ANALISIS BRAND LOYALTY PADA LAZISMU KABUPATEN SEMARANG.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ANALISIS BRAND LOYALTY PADA LAZISMU KABUPATEN SEMARANG.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ANALISIS BRAND LOYALTY PADA LAZISMU KABUPATEN SEMARANG.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan brand loyalti di LAZISMU Kabupaten Semarang dan dampak dari brand loyalty LAZISMU Kabupaten Semarang terhadap muzaki dan mustahiq dari LAZISMU Kabupaten Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data primer diperoleh melalui informan dengan secara langsung melakukan wawancara kepada pengelola LAZISMU Kabupaten Semarang, Muzaki, Mustahiq, PDM Kabupaten Semarang, dan Tokoh Masyarakat sekitar. Sumber data skunder diperoleh dari dokumentasi kegiatan LAZISMU Kabupaten Semarang melalui media sosial Instagram dan dokumen-dokumen dari LAZISMU Kabupaten Semarang. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan brand loyalty yang dilakukan oleh LAZISMU Kabupaten Semarang adalah dengan menggunakan strategi membuat customer atau pelanggan menyukai merek, menjaga dan meningkatkan loyalitas merek LAZISMU, dan memberikan loyalitas kepada customer melalui standar CRM (Customer Relationship Management). Kemudian dampak dari brand loyalty LAZISMU Kabupaten Semarang terhadap muzaki sebagai customer yaitu donatur yang memberikan zakat, infaq, maupun shadaqah, dan dampak kepada mustahiq yaitu sebagai orang yang menerima manfaat bantuan dari donartur. Dampak brand loyalty kepada muzaki memang dirasakan dari segi pelayanan LAZISMU yang memudahkan muzaki untuk berdonasi dengan cara LAZISMU melayani jemput donasi. Kemudian dampak yang dirasakan oleh mustahiq yaitu pelayanan penyaluran sumbangan dana atau bantuan kebutuhan pokok dari donatur, mustahiq merasa dilayani dengan baik dan sopan oleh LAZISMU dan mustahiq merasa sumbangan tersebut tepat sasaran kepada orang yang berhak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Jul 2025 21:46
Last Modified: 03 Jul 2025 21:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24677

Actions (login required)

View Item View Item