IZZAH, KUMALA (2025) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI GEOMETRI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA FASE A,B DAN C DI SDIT NIDAUL HIKMAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI KUMALA IZZAH fix Alhamdulillah.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI KUMALA IZZAH fix Alhamdulillah.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI KUMALA IZZAH fix Alhamdulillah.pdf Download (6MB) |
Abstract
Izzah, Kumala. 2025. Problematika Pembelajaran Matematika Materi Geometri Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Fase A, B dan C di SDIT Nidaul Hikmah Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Fatcurrohman, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci : Problematika, Pembelajaran Matematika, Materi Geometri, Implementasi Kurikulum Merdeka Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang problematika dan solusi pembelajaran matematika materi geometri dalam implementasi kurikulum merdeka pada fase a, b dan c di SDIT Nidaul Hikmah Salatiga. Permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini yaitu apa saja problematika dan solusi pembelajaran matematika materi geometri dalam implementasi kurikulum merdeka pada fase a,b,c di SDIT Nidaul Hikmah Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Jenis Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dimana penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan wawancara dengan kepala sekolah, waka kurikulum, perwakilan wali kelas per fase dan perwakilan siswa per fase di SDIT Nidaul Hikmah Salatiga. Teknik pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian ini terdapat tiga tahap analisis data yaitu 1) Reduksi data; 2) Penyajian data; 3) Penarikan kesimpulan terkait problematika dan solusi pembelajaran matematika materi geometri dalam implementasi kurikulum merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pembelajaran matematika materi geometri dalam kurikulum merdeka pada fase a, b, c di SDIT Nidaul Hikmah Salatiga adalah a) Fase A meliputi keterbatasan konkritisasi konsep dan bahasa matematika kurang dipahami siswa. b) Fase B meliputi siswa kurang teliti dan kesulitan belajar geometri. c) Fase C meliputi kesulitan visualisasi spasial dan kesulitan dalam menerapkan rumus. Adapun solusi yang ditempuh SDIT Nidaul Hikmah Salatiga dalam mengatasi problematika pembelajaran matematika materi geometri dalam implementasi kurikulum merdeka pada fase a,b,c, adalah a) Fase A yaitu menggunakan media pembelajaran yang variatif dan konkret serta pembelajaran berbasis proyek sederhana. b) Fase B yaitu scaffolding, tutor teman sebaya dan kontekstualisasi dengan kehidupan nyata. c) Fase C yaitu menggunakan media teknologi, membuat jaring jaring bangun ruang sendiri, pendekatan inkuiri dan penemuan, serta melakukan remedial pembelajaran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 01:23 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 01:23 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24680 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |