al-sya'bani, Suka anung anindhita (2025) Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini 4-5 Tahun Dengan Permainan Edukatif Lego di kelas A2 TK ABA Candirejo Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Suka Anung Anindhita Al-sya'bani 23050180022.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Suka Anung Anindhita Al-sya'bani 23050180022.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Suka Anung Anindhita Al-sya'bani 23050180022.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Suka Anung Anindhita Al-sya'bani 23050180022.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Suka Anung Anindhita Al-sya'bani 23050180022.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Suka Anung Anindhita Al-sya'bani 23050180022.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Al-sya’bani, Suka Anung Anindhita. 2025. Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini 4-5 Tahun Dengan Permainan Edukatif Lego di kelas A2 TK ABA Candirejo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dewi Wulandari, M. Sn. Kata Kunci : Perkembangan, Kognitif, Lego, Keseimbangan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan lego sebagai sarana pembelajaran pada anak usia 4-5 tahun di kelas A2 TK ABA Candirejo, mengetahui perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun melalui permainan lego di kelas A2 TK ABA Candirejo, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan permaian lego dalam perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di kelas A2 TK ABA Candirejo tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian berupa sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas A2, peserta didik A2, dan wali murid. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lego sebagai sarana pembelajaran pada anak usia 4-5 tahun di kelas A2 TK ABA Candirejo lego tidak dijadikan sebagai mata pelajaran utama, melainkan sebagai media pembelajaran pendukung sesuai tema yang diberikan. Permainan lego diawali dengan; 1) kegiatan pembuka sebagai stimulan, 2) kegiatan inti membentuk benda dari lego, dan 3) kegiatan akhir berupa efaluasi dalam bentuk siswa menceritakan apa yang mereka buat. Perkembangan kognitif anak dalam penggunaan permainan lego dapat mendukung perkembangan kognitif anak, khususnya dalam aspek berpikir logis, simbolik, dan pemecahan masalah. Anak-anak menjadi lebih mampu menyusun lego dengan mempertimbangkan bentuk, fungsi, dan kestabilan bangunan. Guru berperan penting dalam membimbing anak menggunakan media lego secara variatif dan bermakna. Faktor pendukung perkembangan ini adalah tersedianya alat permainan lego yang memadai dan pendekatan guru yang kreatif, sedangkan hambatannya adalah kurangnya minat beberapa anak terhadap lego dan belum meratanya pemahaman anak terhadap konsep keseimbangan, serta kurangnya pendamingan di rumah dan ketergantugan orang tua terhadap sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 21:42 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 21:42 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24696 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |