Darmawan, Muhammad Rizqi (2025) PENGARUH DURASI BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL SISWA KELAS V MI PAKIS KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
M. Rizqi Darmawan_113_PGMI_FTIK.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh durasi bermain game online terhadap perkembangan emosional siswa kelas V MI Pakis Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Sampel penelitian terdiri dari 45 siswa kelas V yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur durasi bermain game online (variabel independen) berdasarkan teori Gentile (2009) dan perkembangan emosional (variabel dependen) berdasarkan lima aspek Goleman (1995): kesadaran diri, pengelolaan emosi, motivasi diri, empati, dan keterampilan sosial. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan adanya pengaruh negatif yang signifikan antara durasi bermain game online dengan perkembangan emosional siswa (β = (-0,968); p < 0,05). Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,381 mengindikasikan bahwa durasi bermain game online berkontribusi sebesar 38,1% terhadap variasi perkembangan emosional siswa. Siswa dengan durasi bermain lebih dari 2 jam per hari (62,2% sampel) cenderung memiliki perkembangan emosional tidak stabil (8,9%), dan siswa dengan durasi bermain 1 hingga 2 jam per hari (35,6% sampel) menunjukkan perkembangan emosional kurang stabil (68,9%). Sebaliknya, siswa dengan durasi bermain kurang dari 1 jam per hari (2,2% sampel) menunjukkan perkembangan emosional yang lebih stabil (22,2%). Hasil penelitian ini sejalan dengan teori Goleman (1995) tentang kecerdasan emosional dan penelitian Gentile (2009) mengenai dampak negatif game online. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya pengawasan orang tua dan intervensi sekolah dalam membatasi durasi bermain game online untuk mendukung perkembangan emosional optimal siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan literasi digital di lingkungan pendidikan dasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 18:00 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 18:00 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24713 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |