ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS IV MI ASAS ISLAM KALIBENING KECAMATAN TINGKIR KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

NISAK, TSALIS FARKHATUN (2025) ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS IV MI ASAS ISLAM KALIBENING KECAMATAN TINGKIR KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Tsalis Farkhatun Nisak 23040210094 .pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI Tsalis Farkhatun Nisak 23040210094 .pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nisak, Tsalis Farkhatun. 2025. “Analisis Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IV MI Asas Islam Kalibening Tahun Ajaran 2024/2025”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) S1. Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci : analisis; keterampilan menulis; cerita pendek Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis, problematika, dan solusi dari keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IV MI Asas Islam Kalibening tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data ini dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi guru dan siswa. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan dilakukan dilakukan dengan melakukan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IV C MI Asas Islam Kalibening berada pada tahap berkembag, dengan dominasi masalah dalam struktur cerita, penggunaan bahasa, dan unsur imajinasi. Penyebab utama keterbatasan ini meliputi minat dan motivasi menulis yang rendah, keterbatasan kosakata, kesulitan dalam penggambaran karakter, kualitas tulisan yang rendah, rendahnya kemampuan membaca dan menulis, dan kurangnya kreativitas. Dengan demikian solusi atas problematika tersebut antara lain yaitu, diperlukan strategi pengajaran yang lebih kreatif, peningkatan kegiatan literasi, pemberian umpan balik dan bimbingan dari guru, pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, rutinitas membaca dan menulis lebih di tingkatkan, dan pembelajaran berbasis proyek serta latihan menulis secara berkala untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2025 20:31
Last Modified: 09 Jul 2025 20:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24754

Actions (login required)

View Item View Item