PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGOLAHAN DATA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VII MTs YAJRI PAYAMAN SECANG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Fitria, Ayu Mahfudhotul (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGOLAHAN DATA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VII MTs YAJRI PAYAMAN SECANG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
AYU MAHFUDHOTUL FITRIA 23070180084 (revisi).pdf

Download (4MB)
[img] Text
AYU MAHFUDHOTUL FITRIA 23070180084 (revisi).pdf

Download (4MB)
[img] Text
AYU MAHFUDHOTUL FITRIA 23070180084 (revisi).pdf

Download (4MB)
[img] Text
AYU MAHFUDHOTUL FITRIA 23070180084 (revisi).pdf

Download (4MB)
[img] Text
AYU MAHFUDHOTUL FITRIA 23070180084 (revisi).pdf

Download (4MB)
[img] Text
AYU MAHFUDHOTUL FITRIA 23070180084 (revisi).pdf

Download (4MB)
[img] Text
AYU MAHFUDHOTUL FITRIA 23070180084 (revisi).pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika Materi Pengolahan Data dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas VII MTs Yajri Payaman Secang Magelang Tahun Pelajaran 2021/2022. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Matematika dan siswa kelas VII D MTs Yajri Payaman Secang Kabupaten Magelang yang terdiri dari 30 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2022 dan siklus II pada tanggal 18 Juli 2022. Subyek dari penelitian ini adalah kelas VII D MTs Yajri Payaman Secang Magelang dengan berjumlah 30 orang, seluruhnya perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi guru dan siswa, serta dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan nilai hasil belajar tiap siklus yang berpatokan pada Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yakni 70 dengan Ketuntasan Klasikal yakni 85%. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas VII MTs Yajri Payaman dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pengolahan data. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dapat dilihat dari siklus I siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa atau 56,67% dan yang belum tuntas 13 siswa atau 43,33%. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa atau 90% dan yang belum tuntas sebanyak 3 siswa atau 10%. Kriteria Ketuntasan Klasikal ≥85% telah tercapai pada siklus II dengan persentase 90%. Maka siklus diberhentikan dan dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2025 21:03
Last Modified: 09 Jul 2025 21:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24761

Actions (login required)

View Item View Item