Nastiti, Dwita Veany (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS III MI TARBIYATUL MUSLIMIN MEDAYU 02 SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Skripsi Dwita.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Nastiti, Dwita Veany. 2025. Pengaruh Model Discover Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas III MI Tarbiyatul Muslimin Medayu 02 Suruh Kabupaten Semarang. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Sari Famularsih, S.Pd., M.A Kata Kunci: Discovery Learning, Berpikir Kritis, Pembelajaran IPAS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS siswa kelas III MI Tarbiyatul Muslimin Medayu 02 Suruh Kabupaten Semarang tahun ajaran 2024/2025 atau tidak. Metode yang dipakai pada penelitian ini yakni metode kuantitatif dengan pendekatan quasi exsperiment menggunakan desain One Group Pre-Test Post-Test Design. Instrumen penelitian meliputi soal tes dan observasi. Sampel dalam penelitian ini sejumplah 26 siswa pada kelas III MI Tarbiyatul Muslimin Medayu 02 Suruh Kabupaten Semarang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model Discovery Learning memberikan pengaruh positif signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil Uji Hipotesis yang dilakukan oleh peneliti dengan bantuan IBM SPSS Statistics 27, menggunakan Uji Paired Sample T-Test. Dengan signifikansi 0,05 didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai tersebut kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka H1 diterima. Selain itu, analisis menunjukkan bahwa rata-rata skor pre-test sebesar 57,88, sementara itu skor post-test setelah pembelajaran dengan model Discovery Learning sebesar 73,65. Artinya terdapat peningkatan skor rata-rata siswa kelas III MI Tarbiyatul Muslimin Medayu 02 Suruh sebesar 15,77. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar guru menggunakan model Discovery Learning dalam proses pembelajaran IPAS guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, serta melakukan penelitian lebih lanjut untuk menyelidiki faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 13:52 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 13:52 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24768 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |