EFEKTIVITAS METODE QUESTION ANSWER RELATIONSHIP (QAR) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MATERI UNSUR INTRINSIK DALAM CERITA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MI NURUL HADI LEUBATANG

Noreng, Saban A (2025) EFEKTIVITAS METODE QUESTION ANSWER RELATIONSHIP (QAR) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MATERI UNSUR INTRINSIK DALAM CERITA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MI NURUL HADI LEUBATANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
full tesis saban.pdf

Download (5MB)
[img] Text
full tesis saban.pdf

Download (5MB)
[img] Text
full tesis saban.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Saban A Noreng, Efektifitas metode Question Answer Relationship (QAR) terhadap terhadap kemampuan membaca dan pemahaman materi unsur intrinsik dalam cerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di MI Nurul Hadi Leubatang. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Salatiga. 2025. Pembimbing Dr. Win Listyaningrum Arifin, M.A Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan metode Question Answer Relationship (QAR) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman terhadap materi unsur intrinsik dalam cerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MI Nurul Hadi Leubatang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil penelitian terdahulu yang menemukan bahwa metode Question Answer Relationship (QAR) efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan efektivitas implementasi strategi tanya jawab (QAR) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di antara siswa Kelas IV Kelas IV. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan desain eksperimental murni (merancang kelompok kontrol uji setelah pra-tes). Teknik perekaman data dilakukan dengan pengujian (sebelum dan sesudah tes) dan dengan kuesioner. Hasil analisis menunjukkan perbedaan dalam kemampuan membaca pemahaman penting di antara siswa yang diajarkan strategi QAR kepada siswa yang diajarkan tanpa strategi ini. Hasil post-test antara kelompok tes dan kontrol menunjukkan nilai-p 0,001. Ini kurang dari tingkat signifikansi 0,05. Nilai peringkat laba rata -rata untuk kelompok uji juga lebih tinggi (9,17) dibandingkan dengan kelompok kontrol (6,82). Oleh karena itu, kita dapat menarik kesimpulan bahwa strategi QAR untuk pemahaman membaca dapat digunakan secara efektif dan dapat digunakan sebagai alternatif untuk strategi pembelajaran yang inovatif dan berlaku di sekolah dasar. Kata Kunci: Question Answer Relationship (QAR), kemampuan membaca pemahaman, unsur intrinsik cerita, Bahasa Indonesia, pembelajaran aktif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2025 20:25
Last Modified: 10 Jul 2025 20:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24773

Actions (login required)

View Item View Item